PENGARUH TERPAAN MEDIA PADA AKUN INSTAGRAM @RUANGNDERES TERHADAP MINAT MUROJA’AH AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-HASAN PONOROGO

Azizah, Hanifatul (2023) PENGARUH TERPAAN MEDIA PADA AKUN INSTAGRAM @RUANGNDERES TERHADAP MINAT MUROJA’AH AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-HASAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E Thesis Hanifatul Azizah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Azizah, Hanifatul. 2023, Pengaruh Terpaan Media Pada akun Instagram @ruangnderes Terhadap Minat Muroja’ah Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Al-Hasan. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Andhita Risko Faristiana, M.A.
Kata kunci: Instagram, Minat Muroja’ah, Terpaan Media
Setiap manusia terus melakukan interaksi terhadap individu lainnya, hal tersebut dilakukan dengan saling bertukar informasi, opini gagasan, ide-ide serta sikap yang ditujukan dengan fenomena yang ada. Maka hadirlah media sosial sebagai trobosan baru di lingkungan masyarakat untuk interaksi sosial, penciptaan informasi melalui connect online. Media sosial makin diminati berbagai kalangan masyarakat luas. Hal ini dapat dilihat dari pengguna media sosial yang kian hari kian bertambah. Salah satu media sosial yang mengalami perkembangan dengan cepat adalah Instagram. Banyak pengguna Instagram mahasiswa maupun santri penghafal Al-Quran memanfaatkan akun Instagram untuk mendapatkan Informasi seputar dakwah. Salah satu akun yang menyampaikan pesan dakwah untuk memotivasi para penghafal Al-Qur’an adalah Instagram @ruangnderes.
Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada atau tidaknya pengaruh terpaan media akun Instagram @ruangnderes terhadap minat muroja’ah Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Al-Hasan Ponorogo. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan angket. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri pondok pesantren tahfidzul Qur’an (PPTQ) Al-Hasan yang berjumlah 273 dan sampelyang digunakan 75 responden yang mengikuti akun Instagram @ruangnderes.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh terpaan media akun Instagram @ruangnderes terhadap minat muroja’ah Al-Qur’an Pondok pesantren tahfidzul Qur’an (PPTQ) Al-Hasan Ponorogo, dengan analisis tingkat pengaruh terpaan media akun Instagram @ruangnderes pada santri Pondok pesantren tahfidzul Qur’an (PPTQ) Al-Hasan berada presentasi sebesar 76% dan tingkat minat muroja’ah Al-Qur’an pada santri Pondok pesantren tahfidzul Qur’an (PPTQ) Al-Hasan Ponorogo berada pada presentase sebesar 74%, serta hasil t_hitung= 7,882 dan t_tabel= yaitu 1,996. Maka dapat disimpulkan t_hitung > t_tabel. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan media akun Instagram @ruangnderes terhadap minat muroja’ah sebesar 46%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Risko Faristiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2023 05:45
Last Modified: 30 May 2023 05:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23074

Actions (login required)

View Item View Item