Tinjauan Hukum Islam Terhadap Prosesi Adat Menjelang Pernikahan Di Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo

Binangkit, Bagus (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Prosesi Adat Menjelang Pernikahan Di Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101190195_Bagus Ahmad Setyo Binangkit_Hukum Keluarga Islam.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tradisi nyekar dan manggulan merupakan suatu tradisi menarik di Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo yang mempunyai tatacara serta maksud dan tujuan tersendiri sehingga berbeda dengan tempat lain. Masyarakat Desa Coper terbiasa melaksanakan tradisi nyekar dan manggulan padahal mayoritas masyarakatnya beragama Islam dan merupakan desa yang yang agamis. Karena dalam agama Islam tidak mengenal tradisi nyekar dan manggulan, maka penulis perlu melakukan penelitian mengenai pelaksanaan tradisi adat nyekar dan manggulan menurut pandangan hukum Islam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tujuan prosesi adat menjelang pernikahan di Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo menurut hukum Islam? Bagaimana tata cara pelaksanaan prosesi adat menjelang pernikahan di Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo menurut hukum Islam?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan (field research), dengan pendekatan hukum Islam dengan teori ‘urf. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi serta wawancara. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deduktif
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tujuan prosesi adat nyekar dan manggulan menjelang pernikahan di Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo yaitu untuk berdo’a kepada Allah dan meminta restu kepada leluhur dengan memberikan sedekah kepada masyarakat agar acara pernikahan berjalan dengan lancar. Tujuan tersebut menurut hukum Islam termasuk dalam ‘urf shahih karena telah memenuhi syarat-syarat yang dibutuhkan untuk dapat dikatakan sebagai ‘urf yang dapat diterima. (2) tata cara prosesi adat nyekar dan manggulan menjelang pernikahan di Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo yaitu dilaksanakan dengan ziarah kubur, membaca yasin dan tahlil serta meminta izin kepada leluhur bahwa akan melangsungkan pernikahan, kemudian meletakkan sesajen dengan membaca tahlil dan do’a dan diakhiri memberikan sedekah berupa berkat. Menurut hukum Islam tujuan dan tata cara pelaksanaan prosesi adat nyekar dan manggulan menjelang pernikahan di Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo dalam pandangan ‘urf termasuk dalam ‘urf shahih karena telah memenuhi syarat-syarat yang dibutuhkan untuk dapat dikatakan sebagai ‘urf yang dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2023 05:41
Last Modified: 30 May 2023 05:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23066

Actions (login required)

View Item View Item