TINJAUAN ‘URF TERHADAP TRADISI LARANGAN PERKAWINAN SONGGO RATAN DALAM ADAT JAWA DI DESA TANJUNGREJO KECAMATAN BADEGAN KABUPATEN PONOROGO

Rifai, Abi Ahmad (2023) TINJAUAN ‘URF TERHADAP TRADISI LARANGAN PERKAWINAN SONGGO RATAN DALAM ADAT JAWA DI DESA TANJUNGREJO KECAMATAN BADEGAN KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Abi Ahmad Rifai_101190184_HKI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Rifai, Abi Ahmad. 2023. Tinjauan ‘Urf Terhadap Tradisi Larangan Perkawinan Songgo Ratan Dalam Adat Jawa di Desa Tanjungrejo Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo. Skripsi, Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syari’ah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Rooza Meilia Anggraini, M.H.
Kata Kunci: Tradisi, larangan perkawinan, Songgo Ratan, ‘urf
Dalam sebuah perkawinan, hal utama yang harus dipenuhi adalah rukun dan syarat. Selain itu juga tidak terhalangnya perkawinan karena sebab apapun. Halalnya calon mempelai yang akan dinikahi menjadi perhatian penting saat akan melangsungkan perkawinan. Kemudian jika hal-hal tersebut diatas telah terpenuhi, maka telah selesai persiapan untuk melanjutkan prosesi perkawinan. Namun, sebagai orang yang hidup di tanah Jawa yang lekat dengan hukum adat perkawinan, salah satunya adalah larangan perkawinan Songgo Ratan maka tradisi ini harus dipatuhi. Adat ini melarang terjadinya perkawinan antara kedua orang calon mempelai yang rumahnya saling berhadapaan. Dimana tradisi ini masih berlaku di Desa Tanjungrejo yang seharusnya tidak berlaku karena dalam syariat Islam tidak ada dalil yang melarang adanya praktik perkawinan tersebut.
Dari permasalahan ini peneliti mengajukan dua rumusan masalah : 1) Bagaimana tinjauan ‘Urf terhadap pandangan tokoh masyarakat mengenai tradisi larangan perkawinan Songgo Ratan di Desa Tanjungrejo Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo? 2) Bagaimana tinjauan ‘Urf terhadap makna simbolik mengenai tradisi larangan perkawinan Songgo Ratan di Desa Tanjungrejo Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data primer diperoleh dari informan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan mengklasifikasikan data setelah dilakukan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan waktu penelitian dan ketekunan pengamatan. Data sumber tersebut kemudian dianalisis dengan hukum Islam yang terfokus pada teori ‘Urf dan penarikan kesimpulan.
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reseach) yang menggunakan pendekatan hukum empiris. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah metode induktif, yaitu data-data lapangan yang berasal dari tokoh masyarakat mengenai tradisi larangan perkawinan Songgo Ratan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini mengungkapkan (1) tradisi larangan perkawinan Songgo Ratan dilaksanakan oleh masyarakat Desa Tanjungrejo yang merupakan warisan dari tokoh adat terdahulu Sampai sekarang masih dipakai oleh masyarakat suku Jawa. Tradisi ini digolongkan sebagai ‘Urf fasid karena menurut sebagian Tokoh Masyarakat Desa Tanjungrejo menganggap bahwa perkawinan Songgo Ratan mengandung unsur yang merusak aqidah, mempersulit pernikahan, dan melarang apa yang dihalalkan Allah. Kemudian tradisi ini juga tidak mempunyai sisi maslahat. Namun, sebagian lainnya yakni Tokoh Adat Desa Tanjungrejo menganggap bahwa perkawinan Songgo Ratan merupakan peninggalan nenek moyang yang tidak boleh ditinggalkan karena jika melanggar tradisi itu dipercaya akan tertimpa musibah. 2) makna simbolik yang terkandung dalam tradisi larangan perkawinan Songgo Ratan tidak termasuk dalam kesyirikan karena anggapan masyarakat yang keliru tentang larangannya karena mereka menganggap bahwa perkawinan itu yang menyebabkan musibah-musibah terjadi, sedangkan sebenarnya musibah yang terjadi itu karena sebuah kebetulan dan merupakan sebuah takdir yang telah ditetapkan oleh Allah Swt.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rooza Meilia Anggraini
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2023 05:37
Last Modified: 30 May 2023 05:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23064

Actions (login required)

View Item View Item