Hubungan Self Esteem Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Mahasiswa BPI IAIN Ponorogo

Aini, Ulfa Nur (2023) Hubungan Self Esteem Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Mahasiswa BPI IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI ULFA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berbicara di depan umum sangat berkaitan dengan tingkat kepercayaan dalam diri seseorang. Kepercayaan diri adalah kemampuan seseorang untuk menguasai situasi dan keyakinan untuk memperoleh hasil yang baik. Kepercayaan diri di sini sangat berperan penting dalam mengurangi rasa cemas yang muncul ketika berbicara baik personal maupun ketika sedang berada di depan orang banyak.
Namun, mahasiswa seringkali merasa cemas untuk mengungkapkan fikirannya secara lisan, baik pada saat diskusi berlangsung, saat mengajukan pertanyaan pada dosen, ataupun ketika berbicara di depan kelas saat presentasi berlangsung. Kondisi tersebut ditandai dengan ketakutan dan menunjukkan performasi maupun interaksionalnya dengan orang lain.
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan analisis korelasi product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah 224 mahasiswa dengan sampel 105 mahasiswa sehingga metode sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji asumsi (normalitas dan homogenitas), uji hipotesis dan uji statistik (deskriptif dan inferensial).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara self esteem dengan kecemasan berbicara mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam, dengan nilai korelasi r 0,538 dengan signifikan 0,000<0,01. Ha diterima Ho ditolak artinya terdapat hubungan antara self esteem dengan kecemasan berbicara di depan umum mahasiswa BPI IAIN Ponorogo. Semakin tinggi self esteem maka semakin rendah kecemasan berbicara di depan umum begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2023 05:04
Last Modified: 30 May 2023 05:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23063

Actions (login required)

View Item View Item