Analisis Normatif Peran Pendamping PPH Dalam Peningkatan Minat Pendaftaran Sertifikat Halal Program Sehati Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Desa Purworejo Kecamatan Geger Kabupaten Madiun

Frediawan, Ari (2023) Analisis Normatif Peran Pendamping PPH Dalam Peningkatan Minat Pendaftaran Sertifikat Halal Program Sehati Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Desa Purworejo Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190099_Ari Frediawan_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ari Frediawan. 2023. “Analisis Normatif Peran Pendamping PPH Dalam Peningkatan Minat Pendaftaran Sertifikat Halal Program Sehati Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Desa Purworejo Kecamatan Geger Kabupaten Madiun” Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Dosen Pembimbing Dr. Ahmad Junaidi, M.H.I.

Kata Kunci : Sertifikasi Halal, Pendamping PPH, Program Sehati
Dalam Undang-Undang No 33 Tahun 2014 pasal 4 disebutkah bahwa Produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal. Di Desa Purworejo penerapan sertifikasi halal sangat rendah. Dilihat dari 14 UMKM yang ada, baru dua UMKM yang sudah mendapatkan sertifikasi halal yaitu dari pelaku usaha kerupuk. Pemerintah saat ini juga sudah meluncurkan program Sertifikasi halal Gratis, namun tidak dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku UMKM. Walaupun di Desa Purworejo terdapat Pendamping PPH namun kenyataannya, sertifikasi halal pada pelaku UMKM Desa Purworejo masih belum bisa maksimal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana analisis normatif peran pendamping pph dalam peningkatan sertifikasi halal program sehati pada pelaku umkm desa purworejo kecamatan geger kabupaten madiun?. (2) Bagaimana analisis faktor yang mempengaruhi pendampingan pph dalam peningkatan sertifikasi halal program sehati pada pelaku umkm desa purworejo kecamatan geger kabupaten madiun?. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendamping PPH dalam Peningkatan Minat Pendaftaran Sertifikat Halal program sehati pada pelaku UMKM Desa Purworejo dan faktor yang mempengaruhi berjalannya program tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan berbasis penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan dalam mengumpulkan data, terdapat dua metode yaitu dengan melalui wawancara dan juga melalui dokumentasi.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Peran Pendamping pada UMKM Desa Purworejo belum maksimal. Peran yang sudah dilakukan oleh Pendamping PPH yaitu mengajak pelaku UMKM untuk mengikuti program sertifikasi halal yang disediakan secara gratis. Namun ada yang mau dan juga yang menolak karena kurangnya kesadaran terkait pentingnya sertifikasi halal. (2) Faktor penghambat Pendampingan PPH yaitu kurangnya kesadaran sertifikasi halal pada pelaku UMKM, kurangnya pengetahuan terkait program Sehati, dan kurangnya regulasi. Sedangkan faktor pendorongnya yaitu, program Sehati tidak dipungut biaya apa pun, adanya Pendamping PPH dapat membantu proses sertifikasi halal, dan program Sehati tidak memiliki batas kuota pada tahun 2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Junaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2023 05:03
Last Modified: 30 May 2023 05:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23062

Actions (login required)

View Item View Item