Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jalur Prestasi dalam Peningkatan Prestasi Siswa di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo

Setyowati, Endang (2023) Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jalur Prestasi dalam Peningkatan Prestasi Siswa di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190139_Endang Setyowati_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Setyowati, Endang. 2023. Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jalur Prestasi dalam Peningkatan Prestasi Siswa di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen, PPDB, Jalur Prestasi, Prestasi Siswa

Awal perbaikan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan melalui penerapan manajemen kesiswaan adalah dengan perbaikan dari aspek penerimaan peserta didik baru. Penerimaan peserta didik baru merupakan langkah awal lembaga pendidikan dalam upayanya peningkatan kualitas pendidikan dengan cara pencetakan peserta didik yang unggul. Penerimaan peserta didik baru (PPDB) pada jenjang SMP di dinas pendidikan kabupaten Ponorogo tahun 2022 terdapat 4 jalur yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua/wali (mutasi), dan jalur prestasi. Salah satu jalur yang menarik dari keempat jalur yang diterapkan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) adalah adanya jalur prestasi, dalam hal ini peserta didik yang memiliki prestasi di tingkat SD/MI/sederajat bisa mendaftarkan dalam jalur prestasi, yang mana prestasi ini bisa dimanfaatkan untuk terus dikembangkan dalam lembaga pendidikan selanjutnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan PPDB jalur prestasi dalam peningkatan prestasi siswa, pelaksanaan PPDB jalur prestasi dalam peningkatan prestasi siswa, pengawasan PPDB jalur prestasi dalam peningkatan prestasi siswa dan keberhasilan manajemen PPDB jalur prestasi dalam peningkatan prestasi siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan penelitian menggunakan triagulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa perencanaan PPDB jalur prestasi dalam meningkatkan prestasi siswa di SMP Negeri 1 Jetis meliputi mengadakan penjaringan calon peserta didik yang unggul, pembentukan panitia PPDB, menentukan daya tampung peserta didik, pembuatan pengumuman rekruitmen peserta didik baru, perencanaan seleksi peserta didik baru yang termuat dalam petunjuk teknis PPDB Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo, perencanaan orientasi peserta didik baru, perencanaan penempatan peserta didik, dan terakhir ada pencatatan dan pelaporan dari perencanaan. Sedangkan pelaksanaan PPDB jalur prestasi dalam peningkatan prestasi siswa di SMP Negeri 1 Jetis dilakukan dengan penerapan empat unsur yang beriringan yaitu koordinasi dan komunikasi terkait pelaksanaan PPDB dan pengelolaan tindak lanjut PPDB jalur prestasi, motivasi dari atasan akan pelaksanaan PPDB dan pengelolaan tindak lanjut jalur prestasi serta pengambilan keputusan yang melibatkan bapak dan ibu guru serta karyawan. Untuk pengawasan PPDB jalur prestasi dalam peningkatan prestasi siswa di SMP Negeri 1 Jetis dilakukan dengan penerapan unsur yang berjalan beriringan yaitu adanya monitoring dari atasan, kemudian evaluasi dari semua pihak yang bersangkutan dan juga ada laporan sebagai bentuk pertanggungjawaban. Keberhasilan manajemen PPDB jalur prestasi dalam peningkatan prestasi siswa ditentukan oleh empat indikator yaitu adanya motivasi dari peserta didik baru jalur prestasi untuk terus meningkatkan prestasinya, terjadinya peningkatan prestasi akademik, terjadinya peningkatan prestasi non akademik, dan adanya rutinan sekolah berupa Senin prestasi sebagai wujud apresiasi sekolah serta dalam rangka ceremony peraihan prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2023 05:35
Last Modified: 30 May 2023 05:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23060

Actions (login required)

View Item View Item