Tinjauan 'Urf Terhadap Tradisi Bubakan Dalam Upacara Pernikahan Adat Jawa (Studi Kasus Desa Sidowayah Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan

Darmawan, Abdillah (2023) Tinjauan 'Urf Terhadap Tradisi Bubakan Dalam Upacara Pernikahan Adat Jawa (Studi Kasus Desa Sidowayah Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ABDILLAH DARMAWAN 101190001 HKI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Darmawan, Abdillah 2023. Tinjauan ‘Urf Terhadap Tradisi Bubakan dalam Upacara Pernikahan Adat Jawa (Studi Kasus Desa Sidowayah Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan). Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing : Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.
Kata Kunci/ Keywords : Urf, Pernikahan, Adat, Bubakan
Perkawinan merupakan ikatan yang terjalin antara laki-laki dan perempuan yang paling suci dan paling kokoh. Dalam praktiknya, ketika melakukan perkawinan masyarakat di Indonesia tidak dapat dipisahkan dari tradisi. Salah satunya adalah tradisi bubakan, yaitu upacara yang dilaksanakan oleh seseorang pada saat mantu putra sulung. Di beberapa daerah tradisi ini dilakukan sebelum rangkaian acara pernikahan dimulai, namun ada pula yang melaksanakan sesudah acara akad nikah dan resepsi. Di desa Sidowayah, tradisi ini dilakukan sesudah acara akad nikah dan resepsi. Maksud dari pelaksanaan tersebut adalah sebagai wujud syukur kepada Tuhan atas semua rezeki, sebagai do’a pengharapan agar acara pernikahan yang akan dilaksanakan diberi kelancaran dan keselamatan, dan semoga kedua mempelai segera diberi keturunan. Penelitian ini menjelaskan tradisi bubakan yang berkembang di masyarakat Desa Sidowayah dan menghubungkan konsep perspektif al-‘urf.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana tinjauan ‘urf terhadap pelaksanaan tradisi bubakan dalam upacara pernikahan adat Jawa di desa Sidowayah Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan? 2) bagaimana tinjauan ‘urf terhadap makna tradisi bubakan dalam pernikahan adat jawa di desa Sidowayah Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis induktif dan pendekatan penelitiannya adalah case study (studi kasus). Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan tradisi bubakan di Desa Sidowayah Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan dalam perspektif ‘urf dikategorikan ke dalam ’urf shahih karena dalam pelaksanaannya, tradisi bubakan tidak melanggar syariat Islam, bubakan dilakukan dengan berdoa dan mengharap ridho dari Allah Swt. Adapun semua uborampe yang digunakan dalam bubakan merupakan makanan yang hahal dan hanya digunakan sebagai simbol. Bubakan juga merupakan tradisi yang mengajak kepada kebaikan dan dapat dijadikan sebagai sarana untuk dakwah Islam karena dalam pelaksanaannya terdapat nilai-nilai kebaikan yang diajarkan dalam agama Islam. Makna pelaksaan tradisi bubakan dikategorikan ke dalam ‘urf shahih. Tradisi bubakan yang berkembang di masyarakat Desa Sidowayah membawa makna kebaikan seperti keselamatan, rezeki, ketentraman hati, kebahagiaan, dan perlindungan dari Allah Swt. sehingga tidak bertentangan dengan ajaran Al-Qur’an dan Hadis

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2023 05:00
Last Modified: 30 May 2023 05:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23058

Actions (login required)

View Item View Item