..(SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR BERTTD, UPLOAD ULANG)...Peluang Penggunaan Digital Marketing Pada Peningkatan Pendapatan (Studi Pada Wirausaha Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo)

Nurlika, Mia (2023) ..(SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR BERTTD, UPLOAD ULANG)...Peluang Penggunaan Digital Marketing Pada Peningkatan Pendapatan (Studi Pada Wirausaha Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190278_Mia Nurlika_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di era sekarang yang sudah berkembang ini para pelaku bisnis akan mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya tren digital yaitu digital marketing. Saat ini digital marketing yang marak digunakan yaitu melalui sosial media. Jumlah pengguna sosial media yang banyak saat ini memberikan peluang bagi para pengusaha untuk mengembangkan pasarnya hanya melalui smartphone. Pada dasarnya proses jual beli untuk meningkatkan pendapatan dan mengurangi masalah kesenjangan yang ada antar golongan pendapatan dan antar pelaku usaha.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan secara mendalam tentang penggunaan digital marketing pada usaha yang dimiliki mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo, untuk menjelaskan secara mendalam tentang peningkatan pendapatan atas pengunaan digital marketing pada usaha yang dimiliki mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini mengatakan bahwa belum sepenuhnya sesuai dengan 5 aspek media sosial (transparansi, komunikasi, jejaring relasi, multi opini, kekuatan promosi). Aspek komunikasi belum sesuai dengan teori karena kurangnya fitur yang tersedia pada media sosial. Penggunaan digital marketing dalam meningkatkan pendapatan usaha mahasiswa FEBI yang diterapkan oleh 4 mahasiswa melibatkan media sosial. Keempat usaha tersebut mengalami peningkatan pendapatan rata-rata 34% hingga 83%, hal tersebut didasarkan oleh indikator yang dapat memaksimalkan pendapatan. Dari adanya usaha yang dijalankan oleh mahasiswa tersebut, mereka sudah bisa memenuhi kebutuhannya dan bisa menabung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yunaita Rahmawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2023 05:20
Last Modified: 30 May 2023 05:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23049

Actions (login required)

View Item View Item