Penetapan Harga Jual Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Fotokopi dan Percetakan Mitra Jetis Kabupaten Ponorogo)

Amalia, Laili (2023) Penetapan Harga Jual Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Fotokopi dan Percetakan Mitra Jetis Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Laili Amalia 401180060.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak

Amalia, Laili. Penetapan Harga Jual Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Di Fotokopi dan Percetakan Mitra Jetis Kabupaten Ponorogo). Skripsi, 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Muchtim Humaidi, S.H.I, M.IRKH.
Kata Kunci: Penetapan Harga, Ekonomi Islam
Transaksi bisnis harus dilakukan dengan harga yang adil begitupun dalam penetapan harga, sebab hal tersebut merupakan komitmen syariat ekonomi Islam terhadap keadilan yang menyeluruh. Secara umum, harga yang adil adalah harga yang tidak menimbulkan penindasan (kezaliman) sehingga merugikan salah satu pihak dan menguntungan pihak yang lain. Penetapan harga jual yang dilakukan oleh Fotokopi dan Percetakan Mitra Jetis dipengaruhi oleh berbagai faktor. Ketika harga jual dengan nominal ganjil maka pihak toko akan menggunakan sistem pembulatan harga. Permasalah yang terjadi adalah adanya penetapan harga jual dengan pembulatan harga yang tidak dikonfirmasi terlebih dahulu pada pelanggan sehingga salah satu pihak merasa dirugikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor yang dijadikan pertimbangan dalam penetapan harga, dan bagaimana penetapan harga jual yang diterapkan oleh Fotokopi dan Percetakan Mitra Jetis dalam perspektif ekonomi Islam.
Penelitian ini dilakukan di Fotokopi dan Percetakan Mitra Jetis dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Adapun sifat pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang dibutuhkan dalam penelitian yaitu sumber data primer yang diperoleh secara langsung dari sumber aslinya. Dalam hal ini sumber data diperoleh dari narasumber (informan) menggunakan metode wawancara dengan pihak-pihak yang terkait. Setelah semua data terkumpul maka peneliti menganalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan metode induktif.
Hasil penelitian lapangan menunjukkan bahwa dalam penetapan harga yang dilakukan oleh Fotokopi dan Percetakan Mitra Jetis sudah dilakukan pertimbangan harga jual sesuai dengan faktor-faktor penetapan harga. Mulai dari faktor tujuan perusahaan untuk mendapatkan laba, faktor biaya operasional dan faktor organisasi dimana ketiganya menjadi pertimbangan dalam penetapan harga jual. Pihak toko lebih memaksimalkan pelayanan dan kualitas barang untuk menentukan harga, agar sebanding dengan apa yang dibayarkan oleh pelanggan. Namun Fotokopi dan Percetakan Mitra masih menyalahi prinsip adil dalam menerapkan mekanisme ekonomi Islam dalam melakukan penetapan harga, dimana dalam praktiknya usaha tersebut melakukan ketidakjelasan dalam mekanisme penetapan harganya yaitu pembulatan harga pada nominal ganjil tanpa adanya konfirmasi terlebih dahulu pada pelanggan saat melakukan transaksi pembayaran. Sehingga salah satu pihak tidak mengetahui hal tersebut dan merasa dirugikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2023 05:04
Last Modified: 30 May 2023 05:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23034

Actions (login required)

View Item View Item