Peran Usaha Mikro Kecil Menengah CV Tas Rakyat Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam Desa Ngampel

Dayanti, Puput Risma (2023) Peran Usaha Mikro Kecil Menengah CV Tas Rakyat Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam Desa Ngampel. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190151ˍPUPUT RISMA DAYANTIˍEKONOMI SYARIAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dayanti, Puput Risma. 2023. Peran Usaha Mikro Kecil Menengah CV Tas Rakyat Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam Desa Ngampel. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Luhur Prasetiyo, S.Ag., M.E.I.
Kata Kunci: Peran, UMKM, Kesejahteraan Masyarakat, Ekonomi Islam
Peran usaha mikro kecil menengah (UMKM) sangat penting, karena UMKM merupakan bagian terbesar dalam perekonomian nasional dan menjadi partisipasi masyarakat dalam berbagai sektor kegiatan perekonomian. Permasalahan dalam penelitian ini merujuk pada masalah ekonomi yang sudah menjadi problematika dalam kehidupan masyarakat yaitu tentang peningkatan kesejahteraan. Maka dalam penelitian ini akan membahas mengenai bagaimana peran dari UMKM tersebut dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis menganalisis peran UMKM CV Tas Rakyat pada masyarakat Desa Ngampel, (2) menganalisis kendala yang dihadapi pemilik UMKM CV Tas Rakyat dalam menjalankan fungsi dan perannya pada masyarakat Desa Ngampel, (3) menganalisis dampak peran UMKM CV Tas Rakyat terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Ngampel.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian (field research), teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dengan informan yang ada seperti pemilik dan masyarakat sekitar, Obesrvasi, dan dokumentasi. Selanjutnya, kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif yang menekankan pada pengamatan terlebih dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM CV Tas Rakyat ini dalam perannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Ngampel ini yaitu dapat menyerap tenaga kerja, penyedia barag dan jasa bagi masyarakat, mendayagunakan sumber ekonomi daerah, dan memajukan citra diri bangsa. Hal ini dapat memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan kesejahteraan yang dapat dibuktikan dari terpenuhinya beberapa indicator kesejahteraan masyarakat perspektif ekonomi islam antara lain dari segi tauhid, terpenuhinya konsumsi, dan mendapatkan rasa aman dan damai dalam kehidupannya. Namun dalam proses meningkatkan kesejahteraan masyarakat tersebut pasti akan diiringi kendala-kendala yang ada baik dari pihak internal (dari segi modal, sumber daya manusia, dan jaringan usaha) maupun pihak eksternal (dari segi terbatasnya sarana dan prasarana, iklim usaha, otonomi daerah, dan perdagangan bebas).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luhur Prasetiyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 08:49
Last Modified: 29 May 2023 08:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23031

Actions (login required)

View Item View Item