..(NOTE (1) TANBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN (2) LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DAN KEASLIAN TULISAN BLM DITANDA TANGANI, GUNAKAN TTD ASLI BUKA SCAN, UPLOAD ULANG)..Perilaku Konsumsi Mahasantri Putri Mahad Al-Jamiah IAIN Ponorogo Dalam Perspektif Islam

Nisak, Khoirotun (2023) ..(NOTE (1) TANBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN (2) LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DAN KEASLIAN TULISAN BLM DITANDA TANGANI, GUNAKAN TTD ASLI BUKA SCAN, UPLOAD ULANG)..Perilaku Konsumsi Mahasantri Putri Mahad Al-Jamiah IAIN Ponorogo Dalam Perspektif Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190092_Khoirotun Nisak_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nisak, Khoirotun. Perilaku Konsumsi Mahasantri Putri Mahad Al-Jami’ah IAIN Ponorogo Dalam Perspektif Islam. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonnomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Muhtadin Amri M. S. Ak.
Kata Kunci: Perilaku Konsumsi, Mahasantri, Perspektif Islam
Perilaku konsumsi yaitu kegiatan untuk memenuhi kebutuhan. Manusia sebagai makhluk individu dan sosial mempunyai keinginan yang tidak terbatas. Perubahan zaman membawa pengaruh terhadap kehidupan seorang santri yang mendorong Mahasantri dalam berperilaku konsumtif dan tidak bisa mengkategorikan antara kebutuhan primer atau hanya keinginan yang bersifat sementara. Terlebih hampir seluruh Mahasantri putri di Ma’had Al-Jamiah adalah mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumtif Mahasantri Putri Ma’had Al-Jamiah IAIN Ponorogo dalam perspektif Islam. Data diperoleh melalui metode observasi dan wawancara tidak terstruktur pada santri yang melakukan kegiatan kesehariannya di Ma’had Al-Jamiah IAIN Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan Metode penelitian kualitatif deskriptif dan termasuk kedalam penelitian (field research) penelitian lapangan. Berdasarkan hasil analisis, bentuk perilaku konsumtif Mahasantri meliputi kebutuhan harian, uang saku, dan pakaian. Mayoritas dari mereka masih belum dapat memutuskan barang-barang yang akan dibeli, digunakan, serta dikonsumsi. Adapun beberapa faktor yang menjadi latar belakang adalam faktor eksternal antara lain faktor sosial/budaya serta teman bermain.. Dampaknya menimbulkan sifat israf dan tabdzir bahkan dapat berpengaruh pada kesehatan Mahasantri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 08:45
Last Modified: 29 May 2023 08:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23019

Actions (login required)

View Item View Item