Analisis Pengaruh Rata-Rata Lama Sekolah, Pengeluaran Per Kapita, dan Pengangguran terhadap Indeks Pembangunan Manusia

Soleha, Arin Ramadhiani (2023) Analisis Pengaruh Rata-Rata Lama Sekolah, Pengeluaran Per Kapita, dan Pengangguran terhadap Indeks Pembangunan Manusia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_ARIN RAMADHIANI SOLEHA_401190229_ETHESIS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indeks Pembangunan Manusia menjadi salah satu parameter penting dalam menggambarkan pembangunan dari sisi manusia. Tujuan akhir dalam pembangunan sudah seharusnya mengarah pada kondisi kehidupan yang lebih baik dan tentu saja kemakmuran serta kesejahteraan rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Rata-Rata Lama Sekolah, Pengeluaran Per Kapita, dan Pengangguran terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur tahun 2017-2021.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi. Data yang diteliti dalam penelitian ini berupa laporan tahunan Indeks Pembangunan Manusia pada Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur tahun 2017-2021. Jumlah observations dalam penelitian ini sebanyak 190 yang terdiri dari 38 Kabupaten/Kota. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling area (cluster) atau teknik sampling daerah. Metode analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel yang dilakukan dengan tahapan metode estimasi data panel, pemilihan model regresi data panel, uji asumsi klasik, dan uji signifikansi dengan bantuan software Eviews 12.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa (1) Variabel Rata-Rata Lama Sekolah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap IPM. (2) Variabel Pengeluaran Per Kapita berpengaruh negatif dan signifikan terhadap IPM. (3) Variabel Pengangguran berpengaruh negatif dan signifikan terhadap IPM. (4) Variabel Rata-Rata Lama Sekolah, Pengeluaran Per Kapita, dan Pengangguran secara simultan berpengaruh signifikan terhadap IPM.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Faizin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 06:58
Last Modified: 29 May 2023 06:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23017

Actions (login required)

View Item View Item