Strategi Penghimpunan Dan Penyaluran Dana Zakat, Infaq, Sedekah Nu-Care Lazisnu Kabupaten Ponorogo Di Masa Pandemi Covid-19

SUKMA JAYA, ALI (2023) Strategi Penghimpunan Dan Penyaluran Dana Zakat, Infaq, Sedekah Nu-Care Lazisnu Kabupaten Ponorogo Di Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
ALI SUKMA JAYA_211617018_MANAJEMEN ZAKAT WAKAF.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak negatif terhadap
kehidupan manusia, salah satunya pada sektor ekonomi. Dalam membantu masyarakat yang terdampak akibat dari pandemi Covid-19, NU-Care LAZISNU Kabupaten Ponorogo membuat berbagai inovasi atau cara penghimpunan dan penyaluran ZIS pada masa pandemi Covid-19 yang berbeda dengan sebelum adanya pandemi.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu suatu pendekatan yang mengahasilkan data diskriptif berupa data-data tertulis atau lisan-lisan dari informan atau prilaku yang dapat diamati. Metode kualitatif lebih berdasarkan pada studi pada yang mengutamakan penghayatan untuk dapat memahami objek yang akan diteliti secara mendalam.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam melakukan penghimpunan dana ZIS NU-Care LAZISNU Kabupaten Ponorogo menggunakan pembayaran e-Wallet seperti ovo, gopay, shopepay dll. Serta menggunakan metode jemput bola, dengan mengambil kotak yang telah disebar ke seluruh wilayah Ponorogo. Dalam penyalurannya selama masa pandemi Covid-
19 diberikan dalam bentuk bentuk konsumtif, pemberian berupa beras. Dan dana tunai untuk memenuhi kebutuhan konsumtif dan pendidikan atau dakwah Islam. Serta dalam bentuk produktif berupa program produktif rumah ternak yang bekerjasama dengan UPZ.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 08:40
Last Modified: 29 May 2023 08:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23016

Actions (login required)

View Item View Item