Studi KomparasiPemikiran Ibnu Khaldun Dan Al-Ghazali Tentang Mekanisme Pasar Dan Penetapan Harga Serta Relevansinya Di Indonesia

Agustina, Nur Arista Melanoi (2023) Studi KomparasiPemikiran Ibnu Khaldun Dan Al-Ghazali Tentang Mekanisme Pasar Dan Penetapan Harga Serta Relevansinya Di Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190140_Nur Arista Melanoi Agustina_Ekonomi Syariah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sebagai makhluk sosial, manusia perlu untuk malakukan interaksi dengan orang lain salah satunya untuk pemenuhan kebutuhan hidup. Dalam proses pemenuhan kebutuhan hidup ini salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan melakukan transaksi jual-beli di pasar. Dalam proses transaksi inilah muncul mekanisme pasar sebagai akibat dari berbagai interaksi yang ada di pasar. Jika membahas mengenai mekanisme pasar tentunya tidak terlepas dari pembahasan mengenai penetapan harga. Dalam hal ini peneliti ingin malakukan studi komparasi dari pemikiran dua tokoh yaitu Ibnu Khaldun dan Al-Ghazali mengenai mekanisme pasar dan penetapan harga serta relevansinya di Indonesia.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana pemikiran keduanya mengenai mekanisme pasar dan penetapan harga, menganalisis persamaan dan perbedaan pemikiran keduanya, serta menganalisis relevansi pemikiran keduannya terhadap kondisi mekanisme pasar dan penetapan harga di Indonesia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kajian pustaka (library research) mengguankan pendekatan deskriptif dan kajian tokoh. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis induktif dan komparatif.
Mekanisme pasar dan penetapan harga Ibnu Khaldun terdiri dari tiga bahasan utama yaitu mengenai teori harga, teori nilai, dan peran negara dalam perekonomian. Al-Ghazali menjabarkan mengenai mekanisme pasar dan penetapan harga dalam tiga pembahasan juga, yaitu pertukaran sukarela dan evolusi pasar, mekanisme harga, dan peran negara dan keuangan pablik. Menurut Ibnu Khaldun, mekanisme pasar merupakan sebuah sistem yang menentukan terbentuknya harga dan didasari oleh kekuatan permintaan dan penawaran, sedangkan menurut Al-Ghazali mekanisme pasar harus terbentuk sesuai etika dan moral masyarakat yang ada. Pendekatan yang digunakan Ibnu Khaldun adalah pendekatan sejarah, sedangkan Al-Ghazali menggunakan pendekatan tasawuf. Secara substansi pemikiran dari Al-Ghazali lebih relevan dengan kondisi mekanisme pasar dan penetapan harga di Indonesia daripada pemikiran Ibnu Khaldun. Konsep perekonomian yang diterapkan di Indonesia adalah Sistem ekonomi yang berlandaskan Pancasila.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ajeng Pipit Fitriani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 06:57
Last Modified: 29 May 2023 06:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23010

Actions (login required)

View Item View Item