Pengaruh Promosi, Kemudahan, Dan Manfaat Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Fitur Transfer E-Wallet Shopeepay Pada Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo

Wulandari, Felianti Dwi (2023) Pengaruh Promosi, Kemudahan, Dan Manfaat Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Fitur Transfer E-Wallet Shopeepay Pada Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190253(FeliantiDwiWulandari).pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam bidang ekonomi, penggunaan internet berpengaruh terhadap sistem pembayaran. Dalam era digital banyak pembayaran yang beralih menggunakan dompet digital (E-Wallet). Salah satu E-Wallet yang sering digunakan di masyarakat adalah ShopeePay. ShopeePay terus mengembangkan sayapnya agar dapat menarik konsumen, salah satu produk terbarunya adalah penggunaan fitur transfer ke berbagai bank. Hal ini bertujuan untuk mempermudah konsumen melakukan transfer.
Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo dengan jumlah sampel sebanyak 100 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS 25.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk menguji pengaruh promosi, terhadap keputusan konsumen menggunakan fitur transfer e-wallet ShopeePay pada mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo. 2) Untuk menguji pengaruh kemudahan, terhadap keputusan konsumen menggunakan fitur transfer e-wallet ShopeePay pada mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo. 3) Untuk menguji pengaruh manfaat, terhadap keputusan konsumen menggunakan fitur transfer e-wallet ShopeePay pada mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo. 4) Untuk menguji pengaruh promosi, kemudahan dan promosi terhadap keputusan konsumen menggunakan fitur transfer e-wallet ShopeePay pada mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo.
Dari penelitian ini diperoleh hasil: 1) Promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan fitur transfer ShopeePay pada mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo. 2) Kemudahan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan fitur transfer ShopeePay pada mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo. 3) Manfaat berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan fitur transfer ShopeePay pada mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo. 4) Promosi, kemudahan dan manfaat secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan fitur transfer ShopeePay pada mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo. Kemudian dari hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa persepsi promosi, persepsi kemudahan dan persepsi manfaat berpengaruh terhadap minat penggunaan sebesar 45%, sedangkan sisanya sebesar 55% dipengaruhi oleh faktor/variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Husna Ni'matul Ulya
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 06:53
Last Modified: 29 May 2023 06:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23006

Actions (login required)

View Item View Item