Pola Komunikasi Organisasi PC IPPNU Kabupaten Ponorogo dalam Mengatasi Konflik Internal

Ula, Azza Fahreza Zayinnatul (2023) Pola Komunikasi Organisasi PC IPPNU Kabupaten Ponorogo dalam Mengatasi Konflik Internal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Etheses-AZZA-302190015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Azza Fahreza Zayinnatul Ula. 2023. Pola Komunikasi Organisasi PC IPPNU Kabupaten Ponorogo Dalam Mengatasi Konflik Internal. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Irma Rumtianing UH., M.S.I.
Kata Kunci: Pola Komunikasi, PC IPPNU Kabupaten Ponorogo, Konflik Internal
Dalam organisasi, sangat perlu untuk menjaga hubungan harmonis untuk mencari kesempurnaan dan keefektifan pengelolaan sumber daya baik material, finansial dan manusia. Hal ini menjadi tantangan bagi para pemimpin organisasi dalam mengelola dan memimpin anggota salah satunya mengatasi konflik internal. Konflik yang berlarut-larut tidak terselesaikan akan berdampak pada keberlangsungan organisasi dalam mencapai tujuan. Penelitian ini akan membahas tentang pola komunikasi dalam mengatasi konflik internal yang terjadi di PC IPPNU Kabupaten Ponorogo.
Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana bentuk-bentuk konflik internal yang terjadi di PC IPPNU Kabupaten Ponorogo dan bagaimana pola komunikasi organisasi PC IPPNU Kabupaten Ponorogo dalam mengatasi konflik internal. Adapun Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif riset lapangan (field research) dengan metode deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya bentuk-bentuk konflik internal di PC IPPNU Kabupaten Ponorogo yang terbagi menjadi empat bentuk yakni konflik dalam diri individu, konflik antar individu, konflik antar anggota dalam satu kelompok dan konflik intra organisasi yang terdiri dari konflik peran dan konflik vertikal. Konflik-konflik tersebut diakibatkan adanya faktor komunikasi, faktor struktur organisasi dan faktor personal. Selain itu, penelitian ini menunjukkan adanya pola komunikasi yang dijalankan PC IPPNU Kabupaten Ponorogo dalam mengatasi konflik internal yakni model bintang dan model rantai. Model bintang diimplementasikan melalui komunikasi horizontal dan komunikasi informal. Sedangkan, model rantai diimplementasikan melalui Jaringan komunikasi formal secara vertikal meliputi komunikasi ke atas dan komunikasi ke bawah. Kedua pola tersebut menekankan adanya kepentingan bersama (common interest) dan tujuan bersama (common goals). Selain itu, kedua pola ini mampu menumbuhkan sifat proaktif dan saling keterbukaan setiap anggota untuk ikut aktif dalam menyelesaikan konflik internal organisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Irma Rumtianing U.H.
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 06:52
Last Modified: 29 May 2023 06:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23005

Actions (login required)

View Item View Item