Analisis Kesadaran Hukum Terhadap Perlindungan Harta Benda Wakaf Yang Belum Tersertifikasi (Studi Kasus Wakaf Masjid Dail Hasan Paju Ponorogo)

Safrulloh, Zumma (2023) Analisis Kesadaran Hukum Terhadap Perlindungan Harta Benda Wakaf Yang Belum Tersertifikasi (Studi Kasus Wakaf Masjid Dail Hasan Paju Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Zumma Safrulloh-Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Safrulloh, Zumma 2023. Analisis Kesadaran Hukum Terhadap Perlindungan Harta Benda Wakaf Yang Belum Tersertifikasi (Studi Kasus Wakaf Masjid Dail Hasan Paju Ponorogo). Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Yudhi Achmad Bashori, M.H.I.
Kata Kunci/Keywords: Analisis Kesadaran Hukum, Pelindungan Harta benda wakaf belum Sertifikasi.
Masjid Dail Hasan Paju Ponorogo diwakafkan sejak tahun 1992 oleh dua orang wakif, dan pelaksanaan wakafnya hanya melalui lisan dan yang satunya melalui tulisan. Mengingat lamanya usia wakaf masjid tersebut sampai sekarang belum disertifikasikan secara administrasi perwakafan. Masjid tersebut mendapatkan perlindungan berupa penggunaan, pembangunan dan amaliyah dari para pihak yang berkepentingan di dalamnya yaitu ahli waris, takmir dan masyarakat. Pada hakikatnya perlindungan harta benda wakaf menurut Undang-Undang adalah dengan sertifikasi, fungsi dari sertifikasi adalah untuk menghindari harta benda wakaf dijual, diwariskan, dihibahkan dll. Apabila hal itu terjadi maka perlindungan dari pihak yang berkepentingan terhadap masjid Dail Hasan menjadi sia-sia. Perlindungan dari pihak yang berkepentingan tersebut dianalisis menggunakan teori kesadaran hukum yang di dalamnya memuat pengetahuan hukum, pemahaman hukum, sikap hukum dan perilaku hukum.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis pemahaman hukum pihak yang berkepentingan terhadap perlindungan masjid Dail Hasan Paju Ponorogo? Bagaimana analisis perilaku hukum pihak yang berkepentingan terhadap perlindungan masjid Dail Hasan Paju Ponorogo?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan empiris. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Dari penelitian yang dilakukan selama skripsi dapat disimpulkan bahwa pemahaman hukum pihak yang berkepentingan tidak seragam disebabkan karena ahli waris wakif memegang amanah dari orang tuanya untuk tidak mensertifikasikan. Maka pemahaman hukum ahli waris wakif belum bisa dikatakan sadar hukum. Kemudian takmir dan masyarakat setuju apabila masjid tersebut di wakafkan secara administrasi perwakafan. Maka pemahaman hukum takmir dan masyarakat bisa dikatakan sadar hukum. Kemudian perilaku hukum pihak yang berkepentingan memiliki perilaku yang seragam karena ahli waris wakif, takmir dan masyarakat melindungi masjid dengan mengelolanya berupa perawatan, pembangunan dan penertiban administrasi. Hal ini sesuai dengan perilaku hukum yaitu memanfaatkan wakaf sesuai dengan fungsinya. Maka perilaku hukum pihak yang berkepentingan masuk dalam kategori sadar hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yudhi Achmad Bashori
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 06:52
Last Modified: 29 May 2023 06:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23001

Actions (login required)

View Item View Item