Alvin Hidayatullah, Muhammad (2023) Analisis Strategi Promosi Personal Selling Pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Beringharjo Dolopo,Madiun Terhadap Loyalitas Anggota. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
401190118_Muhammad Alvin Hidayatullah_Ekonomi Syariah.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh BMT Beringharjo Kecamatan Dolopo
ini terdapat nasabah yang melakukan aktivitas simpan pinjam namun tidak
sebanyak nasabah yang ada di bank-bank konvensional. Sehingga strategi promosi
berperan penting dalam meningkatkan nasabah perlu menggiatkan lagi promosi
yang sudah dilakukan BMT Beringharjo Kecamatan Dolopo untuk menarik minat
masyarakat yang lebih banyak lagi.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana strategi promosi
personal selling Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Beringharjo Kecamatan Dolopo
Kabupaten Madiun. (2) Untuk mengetahui faktor promosi personal selling Baitul
Maal Wat Tamwil (BMT) Beringharjo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. (3)
Untuk mengetahui dampak promosi personal selling Baitul Maal Wat Tamwil
(BMT) Beringharjo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun terhadap loyalitas
anggota.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan
pendekatan kualitatif. Dengan prosedur pengumpulan data wawancara mendalam
dan dokumentasi. Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data, hasil
penelitian ini adalah: (1) Strategi promosi yang dilakukan BMT Beringharjo
Dolopo menggunakan 3 (tiga) metode promosi yaitu metode periklanan, publicity,
personal selling (penjualan pribadi) Namun dari ketiga metode promosi yang
digunakan tersebut, ada 1 (satu) metode yang menjadi metode promosi utama
yaitu personal selling (penjualan pribadi). (2) Faktor yang mempengaruhi dalam
promosi personal selling BMT Beringharjo Dolopo adalah : dengan cara
dilakukannya identifikasi masyarakat yang menjadi calon anggota, Faktor lain
yang mempengaruhi promosi personal selling dari BMT Beringharjo adalah
pendekatan langsung melalui tatap muka atau bertemu langsung untuk
memperkenalkan produk. dan dilanjutkan meminta keputusan dalam melakukan
pembelian produk. (3) Dampak dari strategi promosi personal selling yang
dirasakan oleh BMT Beringharjo Dolopo yaitu meningkatnya loyalitas terhadap
produk-produk BMT Beringharjo Dolopo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Faruq Ahmad Futaqi |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 29 May 2023 06:51 |
Last Modified: | 29 May 2023 06:51 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23000 |
Actions (login required)
View Item |