..(PERBAIKI LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN DAN GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)...Hiperealitas Mahasiswa Perspektif Etika Konsumsi Islam Dalam Rangka Antisipasi Impulsive Buying

Indriyani, Wiwit (2023) ..(PERBAIKI LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN DAN GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)...Hiperealitas Mahasiswa Perspektif Etika Konsumsi Islam Dalam Rangka Antisipasi Impulsive Buying. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
Wiwit Indriyani 401190210 Upload.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada era post-modernisme yang didukung dengan adanya media digital seperti sekarang ini menjadikan masyarakat lebih banyak melakukan pembelian melalui online shop. Mereka membeli bukan karena nilai manfaatnya melainkan dipengaruhi oleh gaya hidup untuk sebuah citra diri, konsumen remaja lebih mempertimbangkan aspek eksistensi dan gaya hidup daripada nilai manfaat. Dimana tuntutan eksistensi jauh lebih besar daripada kegunaan, seperti mengejar trend dan terlihat up to date sehingga tidak kalah dengan teman lainnya. Fenomena ini juga dapat ditemui di kalangan mahasiswa Ekonomi Syariah IAI Diponegoro Nganjuk dimana sebagian mahasiswa yang mengakses media online shop untuk sekedar melihat produk-produk postingan pada online shop. Seketika melihat postingan yang menarik dan banyak diskon maka memunculkan keinginan dalam diri mahasiswa untuk membeli di luar perencanaan (impulsive buying). Adanya etika konsumsi dalam Islam berperan untuk mengantisipasi terjadinya impulsive buying seketika terjadi hiperealitas pada produk di online shop.

Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara. Responden dalam penelitian ini sebanyak 10 mahasiswa. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) postingan produk pada online shop yang memposting produk dengan menarik, menggiurkan, trending, dan brand ambassador terkenal merupakan bentuk hiperealitas produk yang dapat mempengaruhi sebagian mahasiswa untuk melakukan pembelian secara impuls. (2) Kemudahan layanan. diskon, harga murah, promo dan gratis ongkir menjadi faktor-faktor yang memicu terjadinya impulsive buying. (3) Dampak dari adanya hiperealitas produk pada online shop membuat impulsive buying sebagian mahasiswa semakin tidak terkontrol dan tidak terkendali sehingga keuangan semakin boros.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Azis
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 06:50
Last Modified: 29 May 2023 06:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22999

Actions (login required)

View Item View Item