..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK TABUNGAN SIMPANAN PELAJAR DI BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU AMBULU JEMBER

Alsadilla, Khallista Emma (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK TABUNGAN SIMPANAN PELAJAR DI BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU AMBULU JEMBER. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
402180158_KHALLISTA EMMA ALSADILLA_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembaruan strategi merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah yang terjadi. Pada Bank Syariah Indonesia KCP Ambulu Jember mengalami penurunan fluktuasi setiap tahunnya pada produk tabungan simpanan pelajar (SimPel) yang seharusnya meningkat setiap tahunnya. Perlu dilakukan evaluasi dan pembaharuan strategi agar dapat mengatasi masalah yang terjadi.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bauran pemasaran pada produk tabungan simpanan pelajar (SimPel) oleh Bank Syariah KCP Ambulu, kendala yang dihadapi, upaya mengatasi kendala penerapan bauran pemasaran pada Bank Syariah Indonesia KCP Ambulu Jember. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan objek Bank Syariah Indonesia KCP Ambulu, teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, dokumentasi dan observasi.
Hasil dari penelitian ini adalah Bank Syariah KCP Ambulu sudah menerapkan ketujuh unsur bauran pemasaran secara keseluruhan, dimana produk tabungan pelajar sebagai produk yang dikenalkan kepada pelajar dengan tujuan agar pelajar belajar menabung sejak dini. Hal ini didukung dengan persyaratan yang mudah, biaya setoran awal murah, serta lokasi yang mudah untuk dijangkau. Promosi yang dilakukan dengan baik dan proses pelayanan yang mudah serta terdapat alat – alat untuk mendukung Bank Syariah Indonesia KCP Ambulu Jember. Kendala yang dihadapi penerapan strategi bauran pemasaran pada produk tabungan simpanan pelajar kendala pada bagian internal bank, yaitu sumber daya manusia. Sumber daya manusia yaitu karyawan yang belum memahami dan kurangnya karyawan di bidang marketing produk tabungan simpanan pelajar. Kemudian upaya mengatasi kendala penerapan bauran pemasaran dengan kebijakan pimpinan bank melakukan peningkatan atau menambah sumber daya manusia yang menangani program tabungan simpanan pelajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Husna Ni'matul Ulya
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 06:49
Last Modified: 29 May 2023 06:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22997

Actions (login required)

View Item View Item