Meningkatkan Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak Bagi Siswa Kelas XI MA Miftahul Ulum Kradinan

Fauziah, Asmah Rohma Fatul (2023) Meningkatkan Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak Bagi Siswa Kelas XI MA Miftahul Ulum Kradinan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190040_ASMAH ROHMA FATUL FAUZIAH_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fauziah, Asmah Rohma Fatul. 2023. Meningkatkan Pendidikan Karakter melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak bagi Siswa Kelas XI MA Miftahul Ulum Kradinan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, Siswa
Pendidikan karakter merupakan upaya dalam membimbing seseorang untuk menjadi orang yang lebih baik dari segi agamanya, sehingga mampu memilih serta memilah mana yang baik dan mana yang tidak baik. Apalagi pada era globalisasi sekarang ini, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat cepat yang dapat menyebabkan penurunan karakter jika tidak diimbangi oleh adanya pendidikan karakter di lingkungan madrasah. Materi pembelajaran Akidah Akhlak mengenai tokoh wanita Fatimah Az-Zahra merupakan materi yang mengandung kisah perjalanan Fatimah Az-Zahra semasa hidupnya dan adanya pendidikan karakter dari Nabi Muhammad Saw. Dalam menghadapi perubahan zaman, pendidikan karakter sangat penting bagi peserta didik dalam memiliki kepribadian yang baik dalam kehidupan bermasyarakat, beragama, berbangsa, dan bernegara. Oleh karena itu, dirasa perlu untuk diteliti mengenai meningkatkan pendidikan karakter melalui mata pelajaran Akidah Akhlak.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa kelas XI MA Miftahul Ulum Kradinan melalui materi tokoh wanita Fatimah Az-Zahra (2) Untuk mendeskripsikan evaluasi dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa melalui pembelajaran Akidah Akhlak kelas XI MA Miftahul Ulum (3) Untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran Akidah Akhlak materi tokoh wanita Fatimah Az-zahra terhadap pendidikan karakter siswa.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak kelas XI MA Miftahul Ulum Kradinan melalui materi tokoh wanita Fatimah Az-Zahra dilaksanakan berdasarkan Kurikulum 2013, menggunakan strategi pembelajaran yang tepat, serta menerapkan kegiatan membaca dan memahami materi pembelajaran sebelum guru menjelaskan materi pembelajaran (2) Evaluasi pembelajaran Akidah Akhlak dilakukan dengan tiga aspek penilaian pembelajaran yaitu penilaian aspek afektif, aspek kognitif, dan aspek psikomotorik (3) Dampak mempelajari materi tokoh wanita Fatimah Az-Zahra terhadap siswa adalah termotivasi untuk menjadi manusia yang sabar dan selalu bersyukur, terwujudnya kebiasaan baik, seperti berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi, menyakini keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan, disiplin waktu, memakai seragam sesuai tata tertib, tertib dalam mengikuti pembelajaran, serta bersikap jujur dan berani membela kebenaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 04:55
Last Modified: 29 May 2023 04:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22992

Actions (login required)

View Item View Item