EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN SARASWATI PONOROGO

Amalia, Firza Ulynuha and Anggraini, Yulia (2023) EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN SARASWATI PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
FIRZA E-TESIS.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Amalia, Firza Ulynuha. Efektivitas Program Pelatihan dan Pengembangan dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Lembaga Kursus Dan Pelatihan Saraswati Ponorogo. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Yulia Anggraini, M.M.
Kata Kunci: Efektivitas, Pelatihan, pengembangan, Kualitas
Seiring perkembangan zaman, persaingan antar organisasi semakin ketat. Sebagai pesaing, tentunya setiap organisasi menginginkan untuk menjadi yang terbaik dari organisasi lain. Situasi ini akan menuntut setiap organisasi untuk mengukur operasi atau program organisasi, yang dikenal dengan efektivitas. Dengan diadakan program pelatihan dan pengembangan diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan efektivitas organisasi dalam mencapai tujuannya.
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalis efektivitas dan dampak pelaksanaan program pelatihan dan pengembangan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di LKP Saraswati Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, dengan metode pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan pemaparan, pemilahan, serta penarikan kesimpulan. Teknik analisis data meliputi reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah pimpinan dari LKP Saraswati, administrasi serta peserta pelatihan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program pelatihan dan pengembangan di Lembaga Kursus dan Pelatihan Saraswati Ponorogo dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia sudah cukup efektif. Namun dari pemanfaatan waktu kurang efektif, sebab masih ada peserta yang tidak menyelesaikan masa pelatihannya hingga akhir. Dampak dari hasil pelaksanaan program pelatihan dan pengembangan ini dari segi pengetahuan (knowledge) peserta sudah bertambah, kemampuan (abilities) yang dimiliki peserta juga sudah meningkat, namun masih terdapat keterampilan (skill)) yang belum baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yulia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 04:42
Last Modified: 29 May 2023 04:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22990

Actions (login required)

View Item View Item