INTERNALISASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN MELALUI KEGIATAN MENGHAFAL DOA HARIAN DAN ASMAUL HUSNA DI TPA DARUS SHODIQIN KARANGLO LOR SUKOREJO PONOROGO

Goesnaini, Lia Widiastin (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN MELALUI KEGIATAN MENGHAFAL DOA HARIAN DAN ASMAUL HUSNA DI TPA DARUS SHODIQIN KARANGLO LOR SUKOREJO PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190396_LIA WIDIASTIN GOESNAINI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Goesnaini, Lia, Widiastin. 2023. Internalisasi Nilai-Nilai Keagamaan Melalui Kegiatan Menghafal Doa Harian dan Asmaul Husna di TPA Darus Shodiqin Karanglo Lor, Sukorejo, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Sutoyo, M.Ag.

Kata Kunci : Internalisasi Nilai, TPA, Doa Harian, Asmaul Husna.

Lembaga pendidikan adalah wadah pemberdayaan peserta didik untuk mencetak sumber daya manusia yang unggul. Oleh itu peserta didik harus dihiasi dengan nilai-nilai Islami yang dilandasi oleh nilai agama. Tujuan dari pendidikan adalah mewujudkan peserta didik yang berpendidikan, bermutu dan berkarakter Islami. Dalam penelitian ini peneliti melihat bahwa TPA Darus Shodiqin telah melakukan kegiatan rutinan diantaranya menghafal doa harian dan asmaul husna. Kegiatan ini merupakan langkah lembaga dalam menanamkan nilai keagamaan pada peserta didik. Dengan ini peneliti tertarik untuk untuk melihat dan terjun secara langsung meneliti kegiatan keagamaan yang dikelola oleh lembaga TPA Darus Shodiqin.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui proses internalisasi nilai keagamaan, dalam penelitian ini yang menjadi fokus adalah menghafal doa harian dan asmaul husna. 2) untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat proses internalisasi. 3) untuk mengetahui implikasi dari proses internalisasi nilai keagamaan melalui menghafal doa harian dan asmaul husna.
Menjawab pertanyaan di atas peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, lokasi penelitian berada di TPA Darus Shodiqin di desa Karanglo Lor. Teknik pengumpulan data menggunakan: Observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari Pengumpulan Data, display data dan penarikan kesimpulan.
Setelah melewati tahap analisis data peneliti menyimpulkan sebagai berikut: 1) Proses internalisasi nilai keagamaan di TPA Darus Shodiqin terwujud dalam kegiatan pembiasaan yaitu menghafal doa harian, asmaul husna, surat pendek, dan kegiatan pendukung lainya, pembiasan positif akan memberikan dampak positif terhadap peserta didik. Proses internalisasi nilai keagamaan melalui tiga tahapan yaitu: Transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi. 2) Faktor pendukung proses internalisasi adalah pembinaan SDM TPA yang dilakukan lembaga LKP-TPA, dukungan wali dan guru, sarana dan prasarana yang memadai dan motivasi yang tinggi dari peserta didik. Adapun faktor penghambat adalah dampak negatif dari teknologi, masyarakat yang kurang mendukung dan kurangnya penguatan di dalam keluarga. 3. Implikasi dari menghafal asmaul husna dan doa harian diantaranya adalah meningkatkan keimanan peserta didik, mengenalkan bentuk ibadah, terbentuknya akhlak yang baik pada peserta didik. Dengan asmaul husna peserta didik dikenalkan nama-nama Allah dan segala kuasanya, dengan doa harian peserta didik diajarkan bentuk ibadah. Dengan apa yang peserta didik terima mampu merealisasika nya di kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. Sutoyo, M.Ag
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 06:47
Last Modified: 29 May 2023 06:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22989

Actions (login required)

View Item View Item