Pengaruh Emotion Focused Coping Terhadap Prokrastinasi Mahasiswa Semester Akhir IAIN Ponorogo

Rohmah, Ludfi Lailatur (2023) Pengaruh Emotion Focused Coping Terhadap Prokrastinasi Mahasiswa Semester Akhir IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI Hubungan Emotion Focused Coping terhadap Prokrastinasi mhs. E Thesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rohmah, Ludfi Lailatur. 2023. Pengaruh Emotion Focused Coping Terhadap Prokrastinasi Mahasiswa Semester Akhir IAIN Ponorogo. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah. Pembimbing Fendi Krisna Rusdiana, M.Psi.
Mahasiswa merupakan orang yang belajar diperguruan tinggi dengan tugas yang perlu diselesaikan, salah satunya adalah skripsi. Akan tetapi, adanya perilaku prokrastinasi pada mahasiswa dapat menghambat dan membuat mahasiswa terlambat dalam menyelesaikan skripsinya tepat waktu. Prokrastinasi merupakan perilaku menunda-nunda yang dilakukan secara sengaja, prokrastinasi yang dilakukan secara terus-menerus dapat mengakibatkan munculnya emosi negatif seperti kecemasan, sehingga dibutuhkan strategi emotion focused coping yaitu strategi coping yang menekankan pada usaha menurunkan emosi negatif serta mengubah dan menggantinya dengan emosi positif.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan statistik dalam mengolah dan menganalisis data, sedangkan data dalam penelitian diperoleh dengan menyebar kuisioner kepada 172 mahasiswa semester akhir Angkatan 2019 di IAIN Ponorogo. Dalam penelitian ini konstruk eksogen Emotion Focused Coping memiliki pengaruh negative yang signifikan yaitu sebesar -0.451 terhadap konstruk endogen prokrastinasi, artinya semakin tinggi emotion focused coping pada mahasiswa maka, akan semakin rendah tingkat prokrastinasi yang dilakukan mahasiswa semester akhir. Nilai t-statistik pada hubungan konstruk ini adalah 8.590 > 1.96 dengan nilai p-values sebesar 0.000 < 0.05, dengan demikian hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh Emotion Focused Coping terhadap prokrastinasi (H1) diterima.
Kata kunci : Emotion Focused Coping; Prokrastinasi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fendi Krisna Rusdiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 04:40
Last Modified: 29 May 2023 04:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22987

Actions (login required)

View Item View Item