Pengaruh Karakteristik Wirausaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Keberhasilan UMKM di Kota Madiun

Syafawati, Riza Azzah (2023) Pengaruh Karakteristik Wirausaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Keberhasilan UMKM di Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190168_RIZA AZZAH SYAFAWATI_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Azzah Syafawati, Riza. Pengaruh Karakteristik Wirausaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Keberhasilan UMKM di Kota Madiun. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing: Ajeng Wahyuni, M. Pd.
Kata Kunci: Karakteristik Wirausaha, Strategi Pemasaran, Keberhasilan Usaha
Usaha Mikro Kecil dan Menengah memiliki peran yang sangat penting dalam membantu pertumbuhan ekonomi suatu negara maupun daerah. Kota Madiun merupakan salah satu kota yang memiliki banyak pelaku usaha. Dalam perkembangannya UMKM di Kota Madiun terdapat beberapa kendala seperti persaingan usaha yang meningkat. Sehingga dalam hal ini pelaku usaha harus memiliki karakter yang kuat dan benar-benar memikirkan strategi-strategi yang tepat agar usahanya dapat bertahan. Dari hasil wawancara dengan beberapa pelaku usaha sudah menginovasi produk dan memberikan diskon serta melakukan promosi-promosi yang menarik kepada konsumen tetapi penghasilannya tetap bahkan ada yang rugi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh karakteristik wirausaha dan strategi pemasaran terhadap keberhasilan UMKM di Kota Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jumlah sampel 100 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner untuk tujuan mengumpulkan informasi dari pelaku UMKM di Kota Madiun. Metode pengolahan data pada penelitian ini menggunakan program aplikasi IBM SPSS 25 dan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t variabel karakteristik wirausaha berpengaruh signifikan terhadap variabel keberhasilan usaha. Nilai thitung 2,427 dan ttabel 1,66 artinya thitung > ttabel. Variabel strategi pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap keberhasilan usaha dengan thitung 3,104 > ttabel 1,66. Karakteristik wirausaha dan strategi pemasaran secara bersama-sama berpengaruh signifkan terhadap keberhasilan usaha dengan nilai Fhitung 6,957 > Ftabel 2,70. Sedangkan nilai R square 0,125 artinya variabel independen mempengaruhi variabel dependen sebesar 12,5% sedangkan 87,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Dari hasil tersebut diharapkan pelaku UMKM di Kota Madiun terus memperbaiki dan meningkatkan karakteristik wirausaha dan strategi pemasaran agar usahanya tetap eksis dan dapat mencapai keberhasilan usaha yang dicita-citakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ajeng Wahyuni
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 03:54
Last Modified: 29 May 2023 03:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22983

Actions (login required)

View Item View Item