Dampak Dan Strategi Pernikahan Jarak Jauh (Long Distance Marriage) Pasangan Suami Isteri Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah (Studi Kasus di Desa Kepuh Teluk Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik)

Auliyak, Syafaatul (2023) Dampak Dan Strategi Pernikahan Jarak Jauh (Long Distance Marriage) Pasangan Suami Isteri Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah (Studi Kasus di Desa Kepuh Teluk Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI SYAFAATUL AULIYAK 101190170 HKI .pdf

Download (1MB)

Abstract

Auliyak, Syafaatul 2023. Dampak Dan Strategi Pernikahan Jarak Jauh (Long Distance Marriage) Pasangan Suami Isteri Dalam Mewujudkan Keluarga Sakīnah (Studi Kasus di Desa Kepuh Teluk Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik). Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN )Ponorogo. Pembimbing: Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.
Kata Kunci : Keluarga Sakīnah, Long Distance Marriage.
Keluarga sakīnah adalah kondisi yang sangat ideal dalam kehidupan keluarga, dan yang ideal biasanya jarang terjadi. Semua orang pasti bercita-cita untuk memiliki keluarga yang sakīnah. Seperti pasangan umumnya, bahwa keluarga yang sedang menjalani hubungan pernikahan jarak jauh atau long distance marriage juga menginginkan untuk memiliki keluarga yang sakīnah, namun untuk mewujudkan itu dibutuhkan kerjasama yang kuat dari kedua pihak, sehingga tidak jarang jika hal tersebut bisa terwujud. Namun, berbeda dengan masyarakat Desa Kepuh Teluk, desa ini terletak di Pulau Bawean dengan kondisi geografis dikelilingi dengan pantai-pantai, sehingga di sana lapangan pekerjaan pun tidak mewadahi untuk mendapatkan pekerjaan, oleh karena itu banyak masyarakat sana yang memutuskan merantau dan meninggalkan keluarga sementara waktu. Demi perkerjaan tersebut, maka banyak pasangan yang menjalani hubungan pernikahan jarak jauh. Karena merantau adalah hal yang biasa mereka lakukan, meski demikian mereka tetap bisa menunjukkan keluarga yang bahagia atau sakīnah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana dampak dari hubungan long distance marriage terhadap terbentuknya keluarga sakīnah di Desa Kepuh Teluk? (2) bagaimana strategi pasangan long distance marriage dalam membentuk keluarga sakīnah di Desa Kepuh Teluk?
Adapun skripsi ini merupakan penelitan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan empiris. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Dari penelitian yang dilakukan selama skripsi dapat disimpulkan bahwa dampak dari hubungan long distance marriage terhadap terbentuknya keluarga sakīnah di Desa Kepuh Teluk terbagi menjadi dua, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya yaitu tercukupinya ekonomi dan jarang terjadi pertengkaran, sedangkan dampak negatifnya yaitu istri berperan ganda dalam keluarga, merasa kesepian, overthinking dan anak menjadi kurang perhatian. Adapun strategi pasangan long distance marriage dalam membentuk keluarga sakīnah di Desa Kepuh Teluk adalah sebagai berikut: memperbanyak komunikasi, pemecahan masalah (problem solving), saling percaya, selalu waspada atau memantau keluarga dari jauh, saling memaafkan, dan yang terakhir, yaitu mendidik anak dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh.Mukhlas
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 03:00
Last Modified: 29 May 2023 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22978

Actions (login required)

View Item View Item