Tinjauan Yuridis Terhadap Pelaksanaan Ikrar Wakaf di Yayasan Islam Ibadah Desa Singosaren Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo

Prakosoh, Rizki (2023) Tinjauan Yuridis Terhadap Pelaksanaan Ikrar Wakaf di Yayasan Islam Ibadah Desa Singosaren Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101190250_RIZKI PRAKOSOH_HKI. ETHESES-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Prakosoh, Rizki. 2023. Tinjauan Yuridis Terhadap Pelaksanaan Ikrar Wakaf di Yayasan Islam Ibadah Desa Singosaren Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing M. Ilham Tanzilulloh M.H.I.

Kata Kunci: Tinjauan Yuridis, Ikrar Wakaf, Pendaftaran Wakaf, PPAIW

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan ikrar wakaf yang tidak dilakukan dihadapan PPAIW yang didasarkan pada pemahaman para pihak wakaf di Yayasan Islam Ibadah terhadap Peraturan Perundang-Undangan perwakafan. Memberikan indikasi bahwa hal ini menunjukkan masyarakat umum tidak terlalu peduli dengan Peraturan Perundang-Undangan tentang wakaf.
Permasalahan yang diangkat peneliti adalah: (1) Bagaimana tinjauan yuridis terhadap pelaksanaan ikrar wakaf yang tidak dilakukan dihadapan PPAIW di Yayasan Islam Ibadah pada tahun 2017? (2) Bagaimana tinjauan yuridis terhadap dampak yang timbul akibat ketidakpahaman para pelaku wakaf di Yayasan Islam Ibadah?.
Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode deduktif yakni memaparkan teori terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan fakta lalu menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini bahwa adanya pelaksanaan ikrar wakaf tanpa dihadapan PPAIW di Yayasan Islam Ibadah karena masih kurangnya kesadaran masyarakat dan juga kepedulian masyarakat mengenai pentingnya pelaksanaan ikrar wakaf dihadapan PPAIW. Sehingga proses pendaftaran sertifikat tanah wakaf Yayasan Islam Ibadah tidak berjalan dengan baik menurut Peraturan Perundang-Undangan tentang wakaf.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Ilham Tanzilulloh
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 02:56
Last Modified: 29 May 2023 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22974

Actions (login required)

View Item View Item