Analisis Pesan Dakwah Habib Husein Ja'far tentang Toleransi Beragama dalam Podcast Channel Youtube "Jeda Nulis" dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas XII Madrasah Aliyah

Rohmawati, Ela (2023) Analisis Pesan Dakwah Habib Husein Ja'far tentang Toleransi Beragama dalam Podcast Channel Youtube "Jeda Nulis" dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas XII Madrasah Aliyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190069_ELA ROHMAWATI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rohmawati, Ela. 2023. Analisis Pesan Dakwah Habib Husein Ja’far Tentang Toleransi Beragama Dalam Podcast Channel Youtube “Jeda Nulis” Dan Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak Kelas XII Madrasah Aliyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan llmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.

Kata Kunci: Pesan Dakwah, Habib Husein Ja’far, Channel Youtube “Jeda Nulis”, Toleransi Beragama, Relevansi, Materi Akidah Akhlak.

Pesan dakwah merupakan kegiatan ajaran Islam yang di dalamnya terdapat aspek akidah, syariah dan akhlak. Di Indonesia terdapat tantangan toleransi yaitu maraknya kasus penodaan agama, gangguan tempat ibadah. Beda agama menjadi perbincangan di masyarakat, sebagai umat beragama harus saling menerima dan berbaur dengan orang yang berbeda keyakinan. Habib Ja’far Husein ialah salah satu content creator yang bergelut dalam bidang dakwah yang memiliki ciri khas cinta Islam. Beliau menyampaikan dakwahnya melalui channel youtube “Jeda Nulis” yang berkolaborasi dengan berbagai kalangan non muslim. Oleh karena itu, dirasa perlu untuk diteliti mengenai bagaimana analis pesan dakwah mengenai toleransi beragama yang kemudian dikaitkan dengan materi Akidah Akhlak.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis Isi pesan dakwah Habib Husein Ja’far tentang toleransi beragama dalam podcast channel youtube “Jeda Nulis” (2) Mengetahui relevansi pesan dakwah Habib Husein Ja’far tentang toleransi beragama dalam podcast channel youtube “Jeda Nulis” dengan materi akidah akhlak kelas XII Madrasah Aliyah.
Adapun dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pendekatan kepustakaan library research. Data hasil penelitian ini menggunkan analisis isi Frankel dan Wallen meliputi menentukan tujuan, mendefinisikan ketentuan, menentukan teknik analisis, menemukan data yang relevan, mengembangkan sebuah alasan, mengembangkan rencana sampling dan merumuskan kategori kode. Sumber data primernya tayangan video di youtube jeda nulis. Teknik pengumpulan yakni dokumentasi data dan profil di youtube.
Hasil penelitian ini: (1) Isi pesan dakwah Habib Husein tentang toleransi beragama dalam podcast channel youtube “Jeda Nulis” terbagi dalam 3 aspek yakni pesan akidah, syariah, dan akhlak yang berkaitan dengan nilai toleransi belajar dalam perbedaan. Pesan Akidah, seperti, perbedaan agama di antara kita menjadi kekuatan, berbeda dalam kebenaran. Pesan Syariah, yaitu puasa ialah irisan yang menjadi dinding untuk toleransi, membangun saling percaya. Pesan Akhlak, yakni boleh berbeda agama akan tetapi mari berlomba berbuat kebaikan (2) Terdapat relevansi pesan dakwah Habib Husein tentang toleransi beragama dalam podcast channel youtube “Jeda Nulis” dengan materi akidah akhlak kelas XII yaitu: Pertama, pesan akidah berkaitan dengan keyakinan antara agama Islam dengan agama non Islam mengenai Allah Swt. Kedua, pesan syariah berkaitan dengan khususnya terkait puasa dan ukhuwah. Ketiga, pesan akhlak berkaitan dengan etika bergaul, ukhuwah (persaudaraan), berlomba dalam kebaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 02:54
Last Modified: 29 May 2023 02:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22971

Actions (login required)

View Item View Item