Strategi Komunikasi Diskominfotik Kabupaten Ponorogo Dalam Memberikan Pelayanan Informasi Kepada Masyarakat

Rohmah, Kharisma Nur (2023) Strategi Komunikasi Diskominfotik Kabupaten Ponorogo Dalam Memberikan Pelayanan Informasi Kepada Masyarakat. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_KHARISMA NUR ROHMAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Di era globalisasi saat ini, lembaga pemerintah dituntut memberikan kemudahan terhadap akses pelayanan publik yang berkualitas dalam rangka memenuhi kewajiban pemerintah untuk menyampaikan informasi publik kepada masyarakat. Diskominfotik Kabupaten Ponorogo sebagai salah satu pelayan publik disinyalir bagus dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat. Oleh karena itu strategi komunikasi Diskominfotik Kabupaten Ponorogo dijadikan objek penelitian agar diketahui bagaimana merancang strategi pelayanan informasi kepada masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi Diskominfotik Kabupaten Ponorogo dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat, menjelaskan sejauh mana keberhasilan pelayanan informasi serta menganalisis hambatan dalam memberikan pelayanan informasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Hubermand meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian ini menunjukkan strategi komunikasi menggunakan teori Fred. R David yaitu perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan mengadakan rapat untuk menentukan agenda pemberitaan, pembagian tugas peliputan berita, dan pemilihan media berdasarkan bentuk berita. Implementasi dilakukan melalui website, media sosial, layanan aduan masyarakat, sosialisasi dan Kelompok Aduan Masyarakat (KIM). Evaluasi dilakukan melalui rapat setelah berita ditayangakan. Bahan evaluasi dari internal dan eksternal. Internal dari pegawai Diskominfotik sendiri dengan saling mengoreksi antar tim dan eksternal dengan mendengarkan apa saja kebutuhan masyarakat agar menjadi acuan untuk berbenah. Keberhasilan pelayanan informasi terlihat dari banyaknya jumlah pengikut, aktifnya komentar, dan kenaikan jangkauan di media sosial yang dilihat dari bulan November 2022-Februari 2023. Hambatan dalam memberikan pelayanan informasi diantaranya kekurangan sarana prasarana, SDM, anggaran, dan ketika wartawan kesulitan menemui narasumber.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Irfan Riyadi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 02:52
Last Modified: 29 May 2023 02:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22960

Actions (login required)

View Item View Item