Pengaruh Promosi Penjualan dan Electronic Word of Mouth Instagram terhadap Impulsive Buying Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo

Nurhidayati, Astuty Dyah (2023) Pengaruh Promosi Penjualan dan Electronic Word of Mouth Instagram terhadap Impulsive Buying Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190232_Astuty Dyah Nurhidayati_Ekonomi Syariah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nurhidayati, Astuty Dyah. Pengaruh Promosi Penjualan dan Electronic Word of Mouth pada Media Sosial Instagram terhadap Impulsive Buying (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Tiara Widya Antikasari.M.M.
Kata Kunci: Promosi Penjualan, Electronic Word of Mouth,Impulsive Buying
Trend pembelian digital mengalami perkembangan yang pesat. Hal tersebut ditopang oleh kemudahan transaksi yang telah disediakan oleh berbagai macam platform. Menurut data SIRCLO, sebanyak 17,5% masyarakat telah berpindah belanja offline menjadi online. Peningkatan trend ini, memunculkan adanya impulsive buying pada diri seseorang. Riset menyatakan bahwa Sembilan dari sepuluh pembeli mengaku melakukan pembelian di lain daftar belanja kebutuhan mereka sebesar 66%. Pemicu terjadinya impulsive buying ini, tidak lain dari pesatnya perkembangan media sosial yang memunculkan berbagai konten yang mengandung promosi, dan ulasan tentang suatu produk, yang tanpa disadari merangsang keinginan untuk melakukan pembelian tanpa terencana sebelumnya..
Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif. Teknik pegambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuisioner yang disebar secara online. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program komputer berupa IBM SPSS statistic 22.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) untuk menguji pengaruh promosi penjualan pada instagram terhadap impulsive buying pada mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo. 2) untuk menguji pengaruh Electronic Word of Mouth pada instagram terhadap impulsive buying pada mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo. 3)untuk menguji promosi penjualan dan Electronic Word of Mouth pada instagram terhadap impulsive buying pada mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo.
Dari penelitian ini diperoleh hasil: 1) Promosi penjualan pada media sosial instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying pada mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo. 2) Electronic Word of Mouth pada media sosial instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying pada mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo. 3) promosi penjualan dan Electronic Word of Mouth pada media sosial instagram secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying pada mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo. Kemudian dari hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa promosi penjualan dan Electronic Word of Mouth berpengaruh terhadap minat penggunaan sebesar 50,2%, sedangkan sisanya sebesar 49,8% dipengaruhi oleh faktor/variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tiara Widya Antikasari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 02:46
Last Modified: 29 May 2023 02:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22954

Actions (login required)

View Item View Item