INTERNALISASI KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MA MIFTAHUL ULUM PUCANG KRADINAN MADIUN

Sugiarti, Neli (2023) INTERNALISASI KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MA MIFTAHUL ULUM PUCANG KRADINAN MADIUN. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190188_Neli Sugiarti_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukan beberapa fenomena permasalahan tentang kondisi karakter disiplin siswa yang terletak di MA Miftahul Ulum Pucang Kradinan Madiun bahwa siswa kurangnya mentaati peraturan madrasah contohnya beberapa sering terlambat sekolah, dan saat proses belajar mengajar masih banyak siswa yang tidak mengikuti proses pembelajaran, beberapa siswa yang tidak memakai atribut seragam. Selain itu, peneliti menemukan banyak karakter siswa yang berbeda-beda ketika berada di sekolah seperti saat guru menjelaskan materi di dalam kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) langkah-langkah yang ditempuh madrasah dalam internalisasi karakter disiplin siswa di MA Miftahul Ulum Pucang Kradinan Madiun : (2) menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat madrasah dalam internalisasi karakter disiplin siswa di MA Miftahul Ulum Pucang Kradinan Madiun.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode teori analisis reduksi data, data yang terkumpul kemudian disajika dalam bentuk susunan informasi yang didapatkan baik data dari sumber primer maupun data dari sumber sekunder, yang kemudian melakukan penarikan kesimpulan. Kegiatan tersebut berlangsung secara terus-menerus hingga mendapat hasil yang relevan sehingga data yang semula belum jelas akan menjadi lebih rinci dan mengakar kokoh yang sesuai dengan Internalisasi Karakter Disiplin Siswa.
Berdasarkan hasil analisa data bahwa ditemukan bahwa (1) langkah-langkah yang ditempuh madrasah dalam internalisasi karakter disiplin siswa dengan : pertama, guru memberi teladan yang baik. Kedua, membuat peraturan/tata tertib dengan maksud upaya meningkatkan karakter disiplin siswa di madrasah dilakukan dengan membuat daftar peraturan/tata tertib yang jelas dan tegas. Ketiga, konsisten. Keempat, tegas. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin siswa ada dua yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya yaitu guru, orang tua/ keluarga, teman sebaya, dan lingkungan/ tetangga. Faktor penghambatnya yaitu pertama, faktor dalam diri siswa itu sendiri, karena karakter pribadi siswa serta rendahnya pemhaman siswa akan pentingnya peraturan sekolah. Kedua, pengaruh pertemanan maksudnya teman sangat berpengaruh terhadap mental/ perilaku siswa karena pergaulan yang salah akan menghilangkan apapun yang diserap ketika di lingkungan madrasah. Ketiga, kemajuan teknologi. Keempat, kurangnya perhatian dari orang tua karena kesibukannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 02:45
Last Modified: 29 May 2023 02:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22953

Actions (login required)

View Item View Item