Hubungan Kemampuan Menyesuaikan Diri Dengan Hasil Belajar Anak TKW Di Sekolah Dasar Kecamatan Slahung

Sari, Dita Novita (2023) Hubungan Kemampuan Menyesuaikan Diri Dengan Hasil Belajar Anak TKW Di Sekolah Dasar Kecamatan Slahung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
skripsi DITA(PDF).pdf

Download (1MB)

Abstract

Sari, Dita Novita. 2023. Hubungan Kemampuan Menyesuaikan Diri Dengan Hasil Belajar Anak TKW Di Sekolah Dasar Kecamatan Slahung. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Pembimbing Fadhilah Rahmawati, M.Si

Kata Kunci: Kemampuan Menyesuaikan Diri, Hasil Belajar, Anak TKW
Ketidak mampuan peserta didik dalam melakukan penyesuaian diri dapat mengakibatkan pola perilaku yang tidak matang, sehingga sulit diterima oleh lingkungannya. Permasalahan yang dialami oleh anak TKW adalah kemampuan menyesuaikan diri yang berpengaruh pada hasil belajar dimana pada usia Sekolah Dasar peran ibu sangatlah penting disetiap proses perkembangannya. Apabila peserta didik mampu melakukan penyesuaian diri dengan baik maka hasil belajar akan mencapai hasil yang memuaskan.
Berdasarkan latar belakang diatas penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui 1) tingkat kemampuan menyesuaikan diri anak TKW di Sekolah Dasar Kecamatan Slahung, 2) tingkat hasil belajar anak TKW di Sekolah Dasar Kecamatan Slahung, 3) Untuk mengetahui hubungan kemampuan menyesuaikan diri dengan hasil belajar anak TKW di Sekolah Dasar Kecamatan Slahung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis Korelasi Rank Spearman dengan sampel 67 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling kriteria siswa sekolah dasar kelas 4-6, yang ditinggal ibunya merantau ke Luar Negeri sebanyak 67 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi nilai rata-rata raport semester ganjil 2022/2023. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen, uji asumsi,dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tingkat penyesuaian diri peserta didik tergolong sedang dengan presentase 72%, 2) tingkat hasil belajar peserta didik tergolong sedang dengan presentase 66%, 3) terdapat hubungan negatif antara penyesuaian diri dengan hasil belajar anak TKW di Sekolah Dasar Kecamatan Slahung. Hal ini dapat diketahui dari hasil perhitungan SPSS yang ditunjukan dengan nilai korelasi Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 karena nilai Sig. (2-tailed) < dari 0,05 maka artinya ada hubungan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Dengan kesimpulan diperoleh angka koefisien korelasi sebesar -0,412 artinya tingkat kekuatan korelasi yang cukup atau cukup kuat dan arah hubungannya adalah hubungan negatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fadhilah Rahmawati
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 02:43
Last Modified: 29 May 2023 02:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22948

Actions (login required)

View Item View Item