MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMP NEGERI 1 SIMAN

Suryani, Erlin (2023) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMP NEGERI 1 SIMAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
20190023_ERLIN SURYANI_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (898kB)

Abstract

ABSTRAK

Suryani, Erlin. 2023. Manajemen Kesiswaan Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Athok Fu'adi, M. Pd.
Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Karakter Disiplin Siswa, SMP Negeri 1
Siman
Pada era ini kedisiplinan siswa masih menjadi masalah dalam lembaga pendidikan. Manajemen kesiswaan merupakan salah satu manajemen yang besar pengaruhnya terhadap pembentukan karakter disiplin di sekolah, karena manajemen kesiswaan merupakan pengendalian terhadap berbagai jenis kegiatan siswa, salah satunya terkait dengan disiplin. Pendidikan merupakan sesuatu hal yang penting bagi manusia dalam kehidupan ini. Pendidikan hendaknya memiliki kualitas yang lebih baik. Kualitas tersebut tidak saja tertuju pada kemampuan yang bersifat kognitif, tetapi lebih dari itu adaalah pada kualitas yang bersifat afektif dan psikomotorik yang berupa aspek sikap dan perilaku. Hal tersebut karena perkembangan zaman yang semakin pesat, teknologi yang semakin canggih begitu juga moralitas generasi muda yang semakin di pertanyakan. Terkait hal tersebut SMP Negeri 1 Siman Ponorogo telah menerapkan kegiatan kedisiplinan dalam bentuk karakter disiplin siswa yang diterapkan di sekolah SMP Negeri 1 Siman Ponorogo.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi atau penerapan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Siman mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif Adapun sumber datanya diperoleh dari informan dan datanya berkaitan langsung dengan pembahasan skripsi. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi ,kemudian data yang diperoleh, dianalisis dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Perencanaan Manajemen Kesiswaan Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di SMP Negeri 1 Siman yaitu membentuk panitia, merancang program tahunan, penyampaian rencana dalam forum rapat, rencana program kegiatan dijadikan program kegiatan sekolah. (2) Pelaksanaan Manajemen Kesiswaan Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di SMP Negeri 1 di SMP Negeri 1 Siman dilaksanakan melalui kegiatan-kegiatan yang sudah terprogram dan rutin pelaksanaannya, yaitu baik kegiatan formal maupun informal. (3) Evaluasi Manajemen Kesiswaan Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di SMP Negeri 1 Siman yaitu dilihat dari sikap dan perilaku siswa dalam kegiatan sehari-hari, dengan diberlakukan evaaluasi tersebut dapat memberikan dampak yang baik dalam melakukan suatu kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fua'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 02:39
Last Modified: 29 May 2023 02:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22941

Actions (login required)

View Item View Item