..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..STERTEGI PROMOSI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN CITRA SEKOLAH UNGGUL DI SMP NEGERI 1 JETIS PONOROGO

Fauzia, Zayyana (2023) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..STERTEGI PROMOSI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN CITRA SEKOLAH UNGGUL DI SMP NEGERI 1 JETIS PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Fauzia, Zayyana. 2023. Strategi Promosi Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Sekolah Unggul Di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi Promosi, Pendidikan, Citra Sekolah Unggul
Konsumen utama di lembaga pendidikan yaitu para siswa dan wali murid, serta pihak-pihak lain yang terkait lainnya. Jika produsen tidak mampu memasarkan hasil produksinya, maka mutunya tidak disenangi oleh konsumen sehingga produk jasa pendidikan yang ditawarkan tidak akan laku. Sehingga mengakibatkan lembaga pendidikan dapat ditutup. Pemasaran memiliki peranan penting dalam lembaga pendidikan, karena pemasaran merupakan kegiatan utama yang dapat menyalurkan produk dan jasa pendidikan.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti mengadakan penelitian dengan tujuan (1) Untuk mengetahui bentuk penerapan strategi promosi pendidikan di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo, 2) Untuk mengetahui penerapan strategi promosi pendidikan di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo, 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi promosi pendidikan di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripstif dan teknik yang dipilih dalam analisis data ialah reduksi data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan simpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Bentuk strategi promosi pedidikan dalam meningkatkan citra sekolah unggul di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo yaitu media yang digunakan sebagai promosi pendidikan adalah media cetak, media online, media elektronik dan komunikasi dari mulut ke mulut. (2) Penerapan strategi pendidikan dalam meningkatkan citra sekolah unggul di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo, yaitu tim promosi selalu mengupdate informasi sekolah, dan melakukan sosialisasi melalui kegiatan sintesis (sport, sains, teknologi, seni dan islami) tingkat SD/MI yang diadakan dalam rangka HUT SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan strategi promosi pendidikan dalam meningkatkan citra sekolah unggul di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. Faktor pendukung di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo, dilihat dari faktor internal yaitu di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo memiliki program ekstrakulikuler religi, program unggulan sekolah, bermacam prestasi siswa, sarana dan prasarana, output siswa, dan guru yang professional.Sedangkan faktor eksternal sekolah yaitu SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo memiliki hubungan kerjasama dari beberapa Sekolah SD/MI untuk mengadakan kegiatan SINTESIS sekaligus untuk bersosialisasi. Adapun faktor penghambatnya di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo, dilihat dari faktor internal yaitu dalam penerapan strategi promosi pendidikan ini membutuhkan biaya yang besar untuk mengadakan kegiatan SINTESIS (sport, sains, teknologi, seni dan islami) sekaligus untuk memperkenalkan SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo kepada masyarakat. Sedangkan faktor eksternal, berasal dari ancaman sekolah dalam promosi sekolah yaitu adanya persaingan dengan sekolah lain yang sama-sama menawarkan jasa pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 02:38
Last Modified: 29 May 2023 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22940

Actions (login required)

View Item View Item