Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Nasabah Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Nasabah Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Madiun

Alifah, Alfia Riski Fitria Nur (2023) Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Nasabah Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Nasabah Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210817237_Alfia Riski Fitria Nur Alifah_Perbankan Syariah.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fitria Nur Alifah, Alfia Riski. 2023. Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Nasabah Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Di BSI KC Madiun). Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ruliq Suryaningsih, M.Pd.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Kepuasan Nasabah, Citra Merek, Loyalitas Nasabah.
Memiliki nasabah yang loyal adalah tujuan akhir dari semua perusahaan. Loyalitas lebih ditujukan kepada suatu perilaku yang ditunjukkan dengan pembelian rutin. Berdasarkan hasil Wawancara yang dilakukan oleh peneliti didapatkan informasi bahwa para nasabah Bank BSI KC Madiun masih memiliki kesetiaan meskipun ada yang menyatakan kualitas produk, kepuasan, dan citra merek masih kurang dengan demikian terjadi ketidaksesuaian antara teori dan fakta dimana seharusnya jika kualitas produk, kepuasan, dan citra merek baik maka loyalitas baik, kenyataanya kualitas produk, kepuasan, dan citra merek kurang baik tetapi loyalitas nasabah tetap baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) apakah kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas Nasabah di BSI KC Madiun? 2) apakah kepuasan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas Nasabah di BSI KC Madiun? 3) apakah citra merek pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas Nasabah BSI KC Madiun? 4) Apakah kualitas produk, kepuasan nasabah, dan citra merek, berpengaruh terhadap loyalitas Nasabah di BSI KC Madiun?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan angket dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah di BSI KC Madiun yang berjumlah 12.250 nasabah. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling aksidental dengan 100 nasabah sebagai sampel. Adapun metode analisis data dalam penelitian ini dengan regresi linier berganda.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada bank BSI KC Madiun. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai sig sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga Ho ditolak; (2) kepuasan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada bank BSI KC Madiun. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai sig sebesar 0,002 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga Ho ditolak; (3) citra merek berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada bank BSI KC Madiun. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai sig sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga Ho ditolak; (4) kualitas produk, kepuasan nasabah, dan citra merek secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di BSI KC Madiun. Hal ini di buktikan degan hasil nilai uji F yang memperoleh nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho di tolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2023 02:38
Last Modified: 29 May 2023 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22939

Actions (login required)

View Item View Item