Strategi Branding Image Dalam Meningkatkan Daya Saing Pendidikan di SMAN 1 Badegan

Fitriningsih, Desi Nur (2023) Strategi Branding Image Dalam Meningkatkan Daya Saing Pendidikan di SMAN 1 Badegan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190085_DESI NUR FITRININGSIH_MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Fitriningsih, Desi Nur. 2023. Strategi Branding Image dalam Meningkatkan Daya Saing Pendidikan SMAN 1 Badegan. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing : Dr. Mukhibat, M.Ag.
Kata Kunci : Strategi, Branding Image, Daya Saing
Lembaga pendidikan saat ini berlomba-lomba dalam pembentukan citra merek yang baik guna menarik minat masyarakat / peserta didik baru, dengan hal tersebut dapat meningkatkan daya saing pendidikan. Maka dengan hal tersebut lembaga pendidikan harus bisa mengembangkan brand yang dimiliki dengan memunculkan inovasi baru dengan menemukan ide untuk meningkatkan brand agar mampu berdaya saing antar lembaga pendidikan lainnya, dengan bersaing dalam menarik minat dari masyarakat dan membentuk nama brand image melekat di benak masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan dan menganalisis dari beberapa rumusan masalah : (1) Bentuk strategi branding image dalam meningkatkan daya saing pendidikan. (2) Penerapan strategi branding image dalam meningkatkan daya saing pendidikan. (3) Implikasi penerapan strategi branding image dalam meningkatkan daya saing pendidikan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data dan penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dari penelitian ini yaitu Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan pandangan dari Milles, Huberman, dan Saldana dengan tiga tahapan yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan / verifikasi. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan ketekunan dan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, konsep branding dari SMAN 1 Badegan yaitu sekolah memiliki upaya dalam memajukan lembaga dan memenuhi kebutuhan masyarakat dengan cara membentuk branding yang dapat diterima masyarakat. (1) Bentuk startegi branding image yang dijalankan SMAN 1 Badegan dengan konsistensi dan kerjasama dengan pihak luar terkait brand yang dimiliki, brand tersebut yaitu sekolah essai, double track, tahfidz, dan sekolah ramah anak, dari keempat brand termasuk dalam strategi brand positioning yang menjadi pembeda dari lembaga lainnya, strategi brand identity menggambarkan isi dari masing-masing brand agar dapat dikenal oleh pengguna jasa, dan strategi brand personality untuk menambah daya tarik pelanggan jasa dengan meningkatkan dari kualitas brand sekolah. (2) Penerapan strategi branding image dalam meningkatkan daya saing pendidikan di SMAN 1 Badegan melalui positioning dengan memposisikan brand sekolah agar dapat dikenal masyarakat, memiliki brand values dengan memperkenalkan brand melalui media sosial, dan memiliki konsep yang tepat dengan meningkatkan brand sekolah melalui prestasi siswa dengan cara pembinaan secara intensif. (3) implikasi penerapan strategi branding image dalam meningkatkan daya saing pendidikan di SMAN 1 Badegan yaitu meningkatkan minat siswa baru, menciptakan lulusan yang berkualitas, dan memberikan identitas bagi sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 May 2023 03:13
Last Modified: 26 May 2023 03:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22920

Actions (login required)

View Item View Item