Peran Tokoh Agama dalam Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam kepada Masyarakat Desa Tranjang Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo

Lailatuzzahro, Luthfi Mufrihatul (2023) Peran Tokoh Agama dalam Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam kepada Masyarakat Desa Tranjang Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190139_LUTHFI MUFRIHATUL LAILATUZZAHRO_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masyarakat yang mayoritas peenduduknya beragama Islam menjadi problem tersendiri ketika masyarakatnya tidak mengetahui ajaran-ajaran Islam, seperti kurang maksimalnya pendidikan agama Islam di Desa Tranjang. Dengan adanya penanaman nilai-nilai agama Islam oleh tokoh agama diharapkan terciptanya masyarakat yang berpengetahuan agama Islam yang luas dan semangat dalam menjalankan ajaran-ajaran Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peran tokoh agama dalam melaksanakan internalisasi nilai-nilai agama Islam kepada masyarakat Desa Tranjang. (2) mendeskripsikan implikasi dari peran tokoh agama dalam internalisasi nilai-nilai agama Islam kepada masyarakat Desa Tranjang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan teori Milles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan (1) Peran tokoh agama dalam pelaksanaan internalisasi nilai-nilai agama Islam kepada masyarakat Desa Tranjang sebagai pemimpin dalam berbagai kegiatan keagamaan yaitu, kegiatan yasinan atau tahlilan yang dilaksanakan disetiap RT, khataman Al-Qur’an yang dilaksanakan pada hari Minggu Kliwon malam Senin Legi bergilir di setiap masjid dan musholla yang berada di Desa Tranjang, dzikrul ghofillin yang dilaksanakan setelah kegiatan khataman Al-Qur’an dan manaqiban dilaksanakan malam Minggu Wage. (2) Implikasi peran tokoh agama dalam internalisasi nilai-nilai agama Islam kepada masyarakat Desa Tranjang memberikan perubahan, masyarakat menjadi hafal bacaan tahlil dan dapat mengamalkannya, menambah keimanan, menjadikan semangat dalam beribadah, memperkenalkan perbuatan terpuji kepada anak-anak, menambah ilmu pengetahuan agama bagi orang yang lanjut usia, mengurangi perbuatan yang melanggar syari’at agama dan menjadi masyarakat Desa Tranjang yang lebih maju dalam agamanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 May 2023 03:11
Last Modified: 26 May 2023 03:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22916

Actions (login required)

View Item View Item