IMPLEMENTASI PROGRAM BURSA KERJA KHUSUS (BKK) DALAM PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XII DI SMK PGRI 2 PONOROGO

Asiyah, Nur (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM BURSA KERJA KHUSUS (BKK) DALAM PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XII DI SMK PGRI 2 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190106_NUR ASIYAH_MPI.pdf

Download (859kB)

Abstract

ABSTRAK

Asiyah, Nur. 2023. Implementasi Program Bursa Kerja Khusus (BKK) dalam Perencanaan Karir Siswa Kelas XII di SMK PGRI 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Panggih Wahyu Nugroho, M.Pd.

Kata Kunci: Program Bursa Kerja Khusus. Karir, Pengembangan Karir.
Sumber daya manusia yang baik merupakan kunci utama untuk membangun suatu bangsa. Tugas lembaga pendidikan yaitu untuk memperoleh sumber daya yang baik atau unggul. SMK adalah pendidikan pada jenjang menengah yang mengutamakan pengembangan kemampuan siswa untuk melakukan pekerjaan tertentu. Sekolah Menengah Kejuruan salah satu institusi yang dituntut untuk menghasilkan tenaga trampil yang terdidik atau lulusan yang sebagaimana diharapkan oleh dunia usaha dan dunia industri. Idealnya lulusan SMK dapat diserap langsung oleh dunia kerja, jumlah SMK yang disetiap tahun bertambah belum bisa menekan angka pengangguran sesuai dengan yang diharapkan.
Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut dengan melaksanakan program Bursa Kerja Khusus, tujuannya yatiu untuk menjembatani siswa dengan dunia kerja atau memberikan keterampilan tambahan kepada siswa untuk memasuki dunia kerja. Penelitian ini untuk menganalisis (1) Proses pelaksanaan program Bursa Kerja Khusus (BKK) dalam perencanaan karir siswa kelas XII (2) Bentuk layanan program Bursa Kerja Khusus (BKK) dalam perencanaan karir siswa kelas XII (3) Evaluasi layanan program Bursa Kerja Khusus (BKK) dalam perencanaan karir siswa kelas XII.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif. Jenis dari penelitian ini penelitian lapangan bersifat studi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Sedangkan menguji keabsahan data penelitian ini peneliti menggunakan 2 pendekatan sekaligus yaitu: pendekatan berdasarkan lamanya waktu penelitian, menggunakan pendekatan triangulasi metode dan sumber.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Proses pelaksanaan program Bursa Kerja Khusus (BKK) dalam perencanaan karir siswa kelas XII di SMK PGRI 2 Ponorogo: (a) kegiatan utama yang meliputi seminar DU/DI, hari karir (career day), angket peminatan siswa, (b) kegiatan penunjang meliputi bintalsik (bimbingan mental dan fisik), kunjungan industri, praktik kejuruan, dan PKL (Praktik Kerja Lapangan)/Prakerin (Praktik Kerja Industri), (c) kemitraan dengan DU/DI (Dunia Usaha/Dunia Industri) dan dengan BKK sekolah lain. (2) Bentuk layanan program Bursa Kerja Khusus (BKK) dalam perencanaan karir siswa kelas XII di SMK PGRI 2 Ponorogo: (a) layanan orientasi BKK, (b) layanan informasi kerja, (c) layanan bimbingan kerja, (d) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam program BKK. (3) Evaluasi layanan program Bursa Kerja Khusus (BKK) dalam perencanaan karir siswa kelas XII di SMK PGRI 2 Ponorogo: (a) menganalisis kendala program BKK, (b) melakukan evaluasiterkait kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program BKK, (c) pelaksanaan rencana tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Panggih Wahyu Nugroho
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 May 2023 03:10
Last Modified: 26 May 2023 03:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22915

Actions (login required)

View Item View Item