Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Berwirausaha Mahasiswa IAIN Ponorogo Dalam Melakukan Bisnis MLM Pada PT NASA

Huwaida, Bitsari Zulfa (2023) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Berwirausaha Mahasiswa IAIN Ponorogo Dalam Melakukan Bisnis MLM Pada PT NASA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190236_BITSARI ZULFA HUWAIDA_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Huwaida, Bitsari Zulfa. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Berwirausaha Mahasiswa IAIN Ponorogo dalam Melakukan Bisnis MLM pada PT NASA. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ruliq Suryaningsi, M.Pd.
Kata Kunci: Multi Level Marketing, Personal, Sosiological, Environmental, Keputusan Berwirausaha
Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang untuk melakukan wirausaha adalah faktor personal, sosiological, dan environmental . Namun berdasarkan dari hasil wawancara, mahasiswa IAIN Ponorogo yang bergabung menjadi member di PT NASA mengatakan bahwa keputusannya bergabung menjadi member bertentangan dengan kenyataan yang ada. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh faktor personal, sosiological, dan enviromental terhadap keputusan berwirausaha Mahasiswa IAIN Ponorogo dalam melakukan bisnis Multi Level Marketing pada PT NASA secara parsial dan simultan.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel mahasiswa sebanyak 60 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah quota sampling yang dilakukan dengan cara memperhitungkan dan menentukan jumlah sampel yang sesuai, yang dapat mewakili populasi sampai jumlah kuota yang diinginkan dapat terpenuhi. Pengolahan dan analisis data menggunakan bantuan SPSS 29. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Dari Penelitian ini, diperoleh hasil: (1) Faktor personal berpengaruh negatif terhadap variabel keputusan berwirausaha mahasiswa IAIN Ponorogo. (2) Faktor sosiological berpengaruh positif secara signifikan terhadap variabel keputusan berwirausaha mahasiswa IAIN Ponorogo. (3) Faktor environmental berpengaruh negatif terhadap variabel keputusan berwirausaha mahasiswa IAIN Ponorogo. (4) Variabel faktor personal, sosiological, dan environmental berpengaruh positif secara simultan terhadap variabel keputusan berwirausaha mahasiswa IAIN Ponorogo dalam melakukan bisnis MLM pada PT NASA.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 May 2023 03:04
Last Modified: 26 May 2023 03:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22908

Actions (login required)

View Item View Item