Habibatuzzahro, Iftihah Fina' (2023) Manajemen Kesiswaan Dalam Pembudayaan Kedisiplinan Siswa (Studi Kasus di SMPN 1 Jenangan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
206190034_IFTIHAH FINA HABIBATUZZAHRO’_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena dilatarbelakangi oleh beberapa fenomena yang terjadi di lembaga pendidikan Indonesia yaitu dalam rangka mencerdaskan dan mendisiplinkan peserta didik. Setiap lembaga pendidikan memiliki peran yang unik dalam meningkatkan kinerja peserta didik dan membudayakan sikap disiplin peserta didik. Sangat penting untuk menanamkan pola pikir disiplin pada anak-anak dari usia dini. Di sinilah manajemen kesiswaan menjadi komponen penting yang tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan dalam membudayakan disiplin peserta didik. Upaya lembaga menjadikan prestasi peserta didik baik, kedisiplinan menjadi faktor utama di dalamnya karena melatih peserta didik untuk bisa mengendalikan diri, menghargai, mentaati segala peraturan dan tata tertib yang ada di sekolah.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis implementasi manajemen kesiswaan dan implikasi praktik manajemen kesiswaan dalam pemudayaan kedisiplinan siswa yang dilaksanakan di SMPN 1 Jenangan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer yang meliputi Kepala Sekolah, Bapak/Ibu guru, dan peserta didik SMPN 1 Jenangan serta sumber data sekunder yang berupa dokumen foto-foto kegiatan program dan hasil observasi. Sedangkan, wawancara, observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: kondensasi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk mengetahui keabsahan datanya peneliti menggunakan pendekatan triangulasi teknik dan sumber.
Dari hasil penelitian ini ditemukan: (1) Implementasi manajemen kesiswaan dalam pembudayaan kedisiplinan siswa di SMPN 1 Jenangan Ponorogo terdapat beberapa kegiatan, antara lain; pertama, penerimaan peserta didik baru di SMPN 1 Jenangan Ponorogo berdasarkan sistem rekomendasi, daya tampung, nilai raport, dan catatan sikap siswa. Kedua, Orientasi peserta didik baru, pihak sekolah menentukan hari pelaksanaan, membuat taat tertib dan menentukan pendekatan ekspositori dan teknik school tour. Ketiga, Pembinaan peserta didik di SMPN 1 yaitu dengan pemberian layanan khusus kepada peserta didik dengan berbagai aturannya. Keempat, Kegiatan ekstrakurikuler, dalam kegiatannya pihak sekolah menyediakan berbagai bidang ekstrakurikuler beserta aturan di dalamnya. (2) Implikasi praktik manajemen kesiswaan dalam pembudayaan kedisiplinan peserta didik di SMPN 1 Jenangan Ponorogo dapat dilihat dari tiga indikator kedisiplinan diantaranya, ketaatan seperti peserta didik menggunakan seragam sekolah sesuai dengan aturan yang berlaku, datang tepat waktu dan menjalankan shalat lima waktu tepat waktu. Kemudian, kesetiaan bahwa peserta didik setia terhadap peraturan yang berlaku seperti ketika beberapa peserta didik melanggar peraturan, peserta didik bertangungjawab menjalankan sanksi yang telah ditentukan oleh pihak sekolah, kemudian peserta didik juga dapat menjaga etika dan saling menghormati di lingkungan sekolah dengan baik. Selanjutnya, ketertiban di SMPN 1 Jenangan Ponorogo sendiri baik sekali terbukti bahwa dalam proses belajar mengajar para peserta didik dengan tertib mengikutinya. Selain itu, implikasi praktik manajemen kesiswaan dalam pembudayaan kedisiplinan siswa di SMPN 1 Jenangan Ponorogo membawa dampak yang baik bagi seluruh proses kegiatan di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Wahid Hariyanto |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 25 May 2023 07:29 |
Last Modified: | 25 May 2023 07:29 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22895 |
Actions (login required)
View Item |