Strategi Marketing Mix Dalam Mengembangkan Citra Lembaga di Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Panjeng Ponorogo

Sabila, Syifani Nata (2023) Strategi Marketing Mix Dalam Mengembangkan Citra Lembaga di Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Panjeng Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190115_Syifani Nata Sabila_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sabila, Syifani Nata. 2023. Strategi Marketing Mix Dalam Mengembangkan Citra Lembaga di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Panjeng Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Abdul Kholiq, MBA.
Kata Kunci: Strategi Marketing Mix, Citra Lembaga, Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Panjeng Ponorogo
Strategi marketing mix merupakan alat bagi pemasar yang terdiri dari berbagai unsur program pemasaran dan harus diimplementasikan dengan tujuan supaya hasil dari penerapan marketing mix tersebut dapat dicapai secara maksimal oleh lembaga pendidikan. Citra lembaga pendidikan merupakan gambaran yang dimiliki lembaga pendidikan dan berpengaruh terhadap pandangan masyarakat baik secara positif maupun negatif. Citra yang positif dapat menimbulkan kesan positif masyarakat terhadap lembaga pendidikan. Salah satu cara yang dapat digunakan yaitu melalui implementasi strategi marketing mix yang dapat mengembangkan citra lembaga pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang strategi marketing mix dalam mengembangkan citra lembaga pendidikan melalui (1) Implementasi strategi marketing mix, (2) Dampak strategi marketing mix, (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat strategi marketing mix.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana Prasarana, Penanggungjawab Antar Jemput, Tenaga Pendidik, Peserta Didik dan Wali Peserta Didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi strategi marketing mix di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Panjeng Ponorogo dilaksanakan dengan baik dan unsur bauran pemasaran meliputi: Product (Produk) di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Panjeng Ponorogo terdiri dari beberapa program unggulan; Price (Harga) cukup terjangkau; Place (Tempat) strategis; Promotion (Promosi) melalui dua strategi; People (SDM) yang berkualitas; Pshycal Evidence (Bukti Fisik) terdiri dari sarana prasarana dan identitas madrasah; Process (Proses) yang dilakukan secara sistematis. (2) Urgensi implementasi strategi marketing mix yaitu mendorong masyarakat dalam mengambil keputusan menyekolahkan anaknya dan menjangkau pemasaran luas. (3) Faktor pendukung terdiri dari tenaga pendidik berkualitas, lokasi strategis, terdapat program unggulan, pembiayaan terjangkau dan kepercayaan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat yaitu banyaknya kompetitor dari lembaga lain sehingga terjadi persaingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abdul Kholiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 May 2023 05:16
Last Modified: 25 May 2023 05:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22893

Actions (login required)

View Item View Item