Langkah Strategis MTsN 3 Ponorogo Dalam Membangun Citra Sebagai Madrasah Unggulan Di Era Society

Valentin, Nio Nilasari Nur (2023) Langkah Strategis MTsN 3 Ponorogo Dalam Membangun Citra Sebagai Madrasah Unggulan Di Era Society. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190053_NIO NILASARI NUR VALENTIN_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kuantitas dan kualitas peserta didik merupakan aspek penting dalam dunia pendidikan. Citra merupakan eksistensi dari sebuah lembaga pendidikan. Dengan adanya citra yang baik maka berdampak pada meningkatnya minat konsumen pendidikan. Penelitian ini dilakukan di MTsN 3 Ponorogo. MTsN 3 Ponorogo merupakan madrasah yang berada di wilayah Kecamatan Babadan. Sebagai upaya untuk bersaing dengan sekolah lain di wilayah tersebut maka membangun citra menjadi suatu kebutuhan setiap lembaga. Tak terkecuali di MTsN 3 Ponorogo yang harus melakukan upaya membangun citra yang unggul dibanding sekolah lainnya. Untuk membangun citra tersebut maka diperlukan yang namanya strategi yang tepat agar madrasah tetap eksis dalam melakukan pesaingan di tengah maraknya perkembangan zaman saat ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah strategis yang digunakan MTsN 3 Ponorogo dalam membangun citra sebagai madarasah unggulan di era society melalui (1) Manajemen Public Relation, (2) Pengimplementasian strategi dalam membangun citra, (3) Analisis SWOT dalam mempertahankan citra.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam wawancara meliputi Kepala Madrasah, Wakil Kepala Bidang Humas, Civitas Akademika, Siswa, dan masyarakat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya membangun citra yang telah di lakukan MTsN 3 Ponorogo melalui program kelas bina prestasi dan pembiasaan. Program kelas bina prestasi ini di informasikan melalui media sosial. Pembentukan citra juga dibangun melalui penciptaan konten komunikasi pemasaran yang diarahkan pada pembentukan citra madrasah unggulan. Penggunaan sosia media digital menjadi bukti bahwa madrasah merespon perkembangan era society yang menuntut adanya penerapan teknologi dalam menyusun strategi lembaga. Strategi yang digunakan MTsN 3 Ponorogo dalam membangun citra melalui beberapa cara yaitu memanfaatkan media sosial sebagai sarana dakwah, melakukan promosi atau kunjungan ke sekolah, melalui kegiatan olimpiade tingkat SD/MI, dan melalui kegiatan bersama masyarakat. Selain itu analisi SWOT digunakan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal lembaga. Kemudian analisis SWOT digunakan untuk merumuskan langkah-langkah strategis yang digunakan untuk membangun citra sebagai madrasah unggulan di era society.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dian Pratiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 May 2023 03:21
Last Modified: 25 May 2023 03:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22886

Actions (login required)

View Item View Item