Pembelajaran Fikih di MA Ma'arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo

Ulinnuha, Lutfi Lu'lu' (2023) Pembelajaran Fikih di MA Ma'arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190137_LUTFI LU'LU' ULINNUHA_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ulinnuha, Lutfi Lu’lu’. 2023. Pembelajaran Fikih Di MA Ma’arif Al Ishlah Bungkal
Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing:
Muhammad Heriyudanta, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pembelajaran, Fikih.
Peserta didik sebagai subjek dan objek dalam pembelajaran, mempunyai
kemampuan dasar untuk berkembang secara optimal dengan kemampuan yang
dimilikinya dengan arahan dan bimbingan dari pendidik. Pelaksanaan pembelajaran
Fikih di MA Ma’arif Al Ishlah Bungkal berusaha mengembangkan kekreatifan
peserta didik dengan pendekatan, strategi dan metode yang dapat mengaktifkan pada
saat pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan pembelajaran Fikih
di MA Ma’arif Al Ishlah Bungkal Ponorogo, (2) implikasi pembelajaran Fikih di MA
Ma’arif Al Ishlah Bungkal Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian
study lapangan (field research). Adapun pengumpulan data penelitian ini
menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk
analisis penelitiannya menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu pengumpulan
data (Data Colllection), reduksi data (Data Reducation), penyajian data (Data
Display), dan penarikan kesimpulan atau (Conclusion Drawing/Verification).
Hasil penelitian ini: (1) pelaksanaan pembelajaran Fikih di MA Ma’arif Al
Ishlah menggunakan metode ceramah, demostrasi dan praktik. Media yang digunakan
dalam pembelajaran Fikih berupa buku pengangan guru dan siswa, proyektor.
Sebelum pembelajaran guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP),
menyampaikan tujuan pembelajaran serta guru juga mengadakan evaluasi berupa
evauasi tertulis disetiap bab materi pembelajaran dan juga evaluasi secara lisan
berupa penilaian saat presentasi sikap siswa saat proses pembelajaran. (2) implikasi
pembelajaran Fikih yaitu dengan melalui kegiatan sholat dhuha dan dhuhur yang
dilaksanakan di masjid Al Husein serta adanya ujian praktik yang diadakan setiap
sebelum ujian akhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 May 2023 03:21
Last Modified: 25 May 2023 03:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22885

Actions (login required)

View Item View Item