Pola Komunikasi Dosen Dan Mahasiswa Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam Iain Ponorogo Dalam Proses Pembelajaran Daring

Cholid, Idham (2023) Pola Komunikasi Dosen Dan Mahasiswa Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam Iain Ponorogo Dalam Proses Pembelajaran Daring. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Etheses Idham Cholid.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu aspek yang penting dalam kehidupan manusia. Dengan terjadinya pandemi Covid-19 di Indonesia, maka komunikasi dalam pembelajaran yang asalnya tatap muka terpaksa harus di alihkan pada pembelajaran daring. Hal tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. Objek penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa jurusan komunikasi penyiaran islam angkatan 2019 IAIN Ponorogo yang sempat menerapkan metode pembelajaran daring. Peneliti mengambil ini sebagai alasan untuk meneliti apakah pola komunikasi yang diterapkan dosen dan mahasiswa jurusan komunikasi penyiaran islam angkatan 2019 IAIN Ponorogo berjalan dengan baik, atau terganggu dengan adanya beberapa hambatan komunikasi yang terjadi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai bentuk pola komunikasi yang diterapkan oleh dosen dan mahasiswa jurusan komunikasi penyiaran islam angkatan 2019 IAIN Ponorogo pada saat berlangsungnya pembelajaran daring, mengenali hambatan apa saja yang dialami dosen dan mahasiswa jurusan komunikasi dan penyiaran islam angkatan 2019 IAIN Ponorogo pada saat pembelajaran daring berlangsung dan menggambarkan bagaimana berlangsungnya bentuk pola komunikasi yang diterapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Hasil yang didapatkan kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa jurusan komunikasi dan penyiaran islam angkatan 2019 IAIN Ponorogo bahwasannya menerapkan pola komunikasi linier, pola komunikasi sekunder, pola komunikasi sirkular dan pola komunikasi kelompok. Selain itu Pola komunikasi dosen dan mahasiswa juga mengalami hambatan seperti status sosial dan tingkat kekayaan, gangguan sinyal, suara gaduh di lingkungan dan adanya beberapa mahasiswa yang mudah tersinggung sehingga menyebabkan hambatan psikologi pada saat pembelajaran daring berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Galih Akbar Prabowo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 May 2023 00:40
Last Modified: 25 May 2023 00:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22881

Actions (login required)

View Item View Item