..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..RESPON LINGKUNGAN KEPADA ANAK SPEECH DELAY DI TK DHARMA WANITA NAILAN

'Ulya, Faizatul (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..RESPON LINGKUNGAN KEPADA ANAK SPEECH DELAY DI TK DHARMA WANITA NAILAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
303190031_Faizatul 'Ulya_Bimbingan Penyuluhan Islam.docx

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
‘Ulya, Faizatul. 2023. Respon Lingkungan Kepada Anak Speech Delay di TK Dharma Wanita Nailan. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Kayyis Fithri Ajhuri, S.H.I., M.A

Kata Kunci: speech delay, lingkungan anak, faktor-faktor speech delay

Lingkungan keluarga sangat berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan bicara anak. Anak-anak dapat termotivasi untuk lebih meningkatkan kuantitas atau kualitas keterampilan bicara dan bahasa mereka ketika orang tua atau anggota keluarga mereka mendorong secara aktif. Namun, jika anak tidak diberikan stimulus yang mencukupi dan lingkungan yang mendukung, maka akan berdampak pada kemampuan berbicara yang dimiliki anak. Anak dikatakan keterlambatan dalam berbicara apabila perkembangan kemampuan berbicara anak tidak sama dan tidak bisa memenuhi tugas dari perkembangan bicara pada usianya tersebut, maka anak tersebut dapat dikatakan mengalami (speech delay).
Dari uraian tersebut penulis tertarik untuk meneliti hal tersebut. Tujuan penelitian yaitu 1) Untuk mendeskripsikan keterlambatan bicara anak 2) Untuk mengetahui faktor yang menyebabkan speech delay 3) Untuk mengetahui upaya orang tua dan guru dalam menangani anak speech delay. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk teknis analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini penulis melibatkan 4 informan diantaranya kedua orang tua dan dua guru.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa speech delay pada anak di TK Dharma Wanita Nailan meliputi: 1) anak yang mengalami keterlambatan bicara membutuhkan dorongan lingkungan atau orang terdekatnya untuk melatih kemampuan bicara sehingga dapat meminimalisir terhambatnya perkembangan bicara anak. Namun menurut pengamatan peneliti orangtua RD kurang mengerti dalam memberikan rangsangan lisan untuk melatih RD saat mulai berceloteh dan berbicara. 2) faktor-faktor penyebab speech delay yaitu rendahnya tingkat kecerdasan, anak kurang motivasi untuk berbicara, terbatasnya kesempatan praktikberbicara, tidak adanya model yang baik bagi anak untuk ditiru. Faktor yang mempengaruhi yaitu kesehatan, kecerdasan, keadaan sosial ekonomi, jenis kelamin, keinginan berkomunikasi, dorongan, ukuran keluarga, urutan kelahiran, metode pelatihan anak. Dengan tambahan penemuan baru yaitu faktor genetik (keturunan) dan fisiologis. 3) upaya orang tua dan guru untuk meningkatkan kemampuan bicara anak seperti sering mengajak anak bicara, melatih dengan mengucapkan kata-kata sederhana, dan sering mengajak berinteraksi dengan sebayanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 May 2023 08:50
Last Modified: 24 May 2023 08:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22867

Actions (login required)

View Item View Item