Manajemen Program Kesiswaan Dalam Peningkatan Mutu Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Di SMPN 1 Mlarak Ponorogo

Mahfiroh, Tsalasatuni'mal (2023) Manajemen Program Kesiswaan Dalam Peningkatan Mutu Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Di SMPN 1 Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190074_TSALASATUNI'MAL MAHFIROH_MPI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Mahfiroh, Tsalasatuni’mal. 2023. Manajemen Program Kesiswaan Dalam Peningkatan Mutu Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMPN 1 Mlarak. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Athok Fuadi, M.Pd.
Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Program, OSIS.
Manajemen kesiswaan merupakan segenap pengaturan yang mengatur siswa dari mulai masuk hingga keluar. Manajemen kesiswaan turut serta mengatur serta mengelola kegiatan organisasi dan ekstrakurikuler di sekolah. Organisasi Siswa Intra sekolah (OSIS) merupakan sebuah wadah bagi siswa untuk meningkatkan kreativitas, mengembangkan potensi dan sebagai tempat untuk belajar berorganisasi. Untuk menghasilkan siswa yang berkualitas maka manajemen kesiswaan perlu melaksanakan peningkatan mutu program OSIS. Program yang baik akan mampu mencetak siswa yang unggul dan kreatif, yang diharapkan juga dapat meningkatkan mutu OSIS.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perencanaan program kesiswaan dalam peningkatan mutu OSIS di SMPN 1 Mlarak. (2) Pelaksanaan program kesiswaan dalam peningkatan mutu OSIS di SMPN 1 Mlarak (3) Evaluasi program kesiswaan dalam peningkatan mutu OSIS di SMPN 1 Mlarak.
Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan kebasahan penelitian menggunakan triangulasi, ketekunan pengamatan, dan pendekatan berdasarkan lamanya penelitian. Untuk tahapan penelitian terdiri dari tiga tahap yaitu: tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, manajemen program kesiswaan dalam peningkatan mutu OSIS di SMPN 1 Mlarak ialah: 1) Perencanaan program kesiswaan dalam peningkatan mutu OSIS di SMPN 1 Mlarak dengan melaksanakan rapat, penyerahan rancangan kepada Kepala Sekolah dan sosialisasi program kepada anggota OSIS. 2) Pelaksanaan program kesiswaan dalam peningkatan mutu OSIS sesuai dengan perencanaan awal. Dalam pelaksanaan program OSIS, Pembina OSIS dan Waka Kesiswaan senantiasa membimbing dan mengawasi jalannya program. 3) Evaluasi program kesiswaan dalam peningkatan mutu OSIS di SMPN 1 Mlarak dilaksanakan setelah pelaksanaan program. Evaluasi tersebut bertujuan untuk menilai pelaksanaan program dan mengatasi permasalahan selama pelaksanaan program untuk pelaksanaan yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fuadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 May 2023 01:31
Last Modified: 24 May 2023 01:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22856

Actions (login required)

View Item View Item