..(LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS BLM DITANDA TANGANI, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..PENGARUH MOTIVASI HEDONIK, KEAMANAN DAN MANFAAT TERHADAP MINAT MAHASISWA FEBI IAIN PONOROGO MENGGUNAKAN BSI MOBILE

Halimah, Martina Dwi Nur (2022) ..(LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS BLM DITANDA TANGANI, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..PENGARUH MOTIVASI HEDONIK, KEAMANAN DAN MANFAAT TERHADAP MINAT MAHASISWA FEBI IAIN PONOROGO MENGGUNAKAN BSI MOBILE. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
402180168_MARTINA DWI NUR HALIMAH_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Motivasi Hedonik, Keamanan, Manfaat, Minat
Salah satu teknologi informasi pada perbankan syariah yaitu mobile banking. Mobile banking dari bank syariah Indonesia yaitu BSI mobile. Dari teori dan beberapa hasil observasi mengenai motivasi hedonik, keamanan dan manfaat terhadap minat menggunakan BSI mobile terdapat kesenjangan, pada teori dikatakan bahwa semakin tinggi tingkat motivasi hedonik, keamanan dan manfaat maka akan menjadikan minat menggunakan BSI mobile menjadi meningkat. Namun fakta lapangan menyebutkan bahwa tingkat keamanan dan manfaat yang terdapat pada di fitur BSI mobile tidak menjadikan mahasiswa berminat untuk menggunakan BSI mobile karena terdapat faktor lain yang menyebabkan hal tersebut, yakni kurangnya kepuasan mahasiswa dengan fitur yang ada pada BSI mobile.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis minat mahasiswa menggunakan BSI Mobile khususnya pada mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo. Dengan menggunakan variabel motivasi hedonik, keamanan dan manfaat sebagai variabel independen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan kuesioner dengan sampel sebanyak 76 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam menjawab rumusan masalah menggunakan analisis regresi linier sedehana dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 20.
Hasil analis ditemukan bahwa variabel motivasi hedonik motivasi hedonik memperoleh nilai Thitung sebesar 13,875 > 1,995 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, variabel keamanan memiliki nilai Thitung sebesar 12,144 > 1,995 sehingga H0 ditolak dan H2 diterima, variabel manfaat mendapatkan nilai Thitung sebesar 15,800 > 1,995 maka H0 ditolak dan H3 diterima. Dan uji F secara bersamaan variabel motivasi hedonik, keamanan dan manfaat memiliki nilai Fhitung sebesar 100,486 > 2,73 maka H0 ditolak dan H4 diterima. Dari hasil uji t diemukan bahwa variabel yang paling berpengaruh dalam menggunakan BSI Mobile yakni variabel manfaat dengan nilai Thitung sebesar 15,800. Artinya variabel motivasi hedonik, keamanan dan manfaat secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap minat mahasiswa menggunakan BSI mobile. sedangkan secara simultan (bersamaan) motivasi hedonik, keamanan dan manfaat memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat menggunakan BSI mobile.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanik Fitriani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 May 2023 01:30
Last Modified: 24 May 2023 01:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22854

Actions (login required)

View Item View Item