Strategi Promosi Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Ponorogo Soetta Dalam Meningkatkan Minat Gadai Emas

Hidayah, Hanif Takul (2023) Strategi Promosi Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Ponorogo Soetta Dalam Meningkatkan Minat Gadai Emas. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
402190219_Hanif Takul H_PS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hidayah, Hanif Takul. Strategi Promosi Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Ponorogo Soetta Dalam Meningkatkan Minat Gadai Emas. Skripsi. 2019. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dwi Setya Nugrahini, M. Pd.
Kata Kunci: Gadai Emas, Strategi Promosi, BSI KCP Ponorogo Soetta
Pembiayaan gadai emas merupakan produk pembiayaan atas dasar jaminan berupa emas sebagai salah satu alternatif memperoleh uang tunai dengan cepat. Pembiayaan gadai emas BSI KCP Ponorogo Soetta menggunakan akad ijarah. Keuntungan pembiayan gadai emas ini yaitu biaya titip murah, nilai taksiran tinggi, dan perpanjang otomatis. Dalam melakukan hal tersebut pihak bank perlu mengadakan strategi promosi yang baik agar memiliki nasabah yang banyak. pembiayaan gadai emas di BSI KCP Ponorogo Soetta memiliki jumlah nasabah yang sedikit dibanding dengan pembiayaan lainnya.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang digunakan BSI KCP Ponorogo Soetta dalam meningkatkan minat gadai emas, untuk mengetahui kendala strategi promosi, dan untuk mengetahui dampak strategi promosi yang dilakukan oleh BSI KCP Ponorogo Soetta. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara. Lokasi penelitian adalah di BSI KCP Ponorogo Soetta yang beralamatkan di Jalan Soekarno Hatta Nomor 216, Kelurahan Banyudono, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63491.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kurangnya minat masyarakat terhadap pembiayaan gadai emas di BSI KCP Ponorogo Soetta disebabkan oleh kegiatan promosi yang kurang maksimal. Strategi promosi yang digunakan yaitu melalui media periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat. Kegiatan promosi yang kurang efektif yaitu penjualan pribadi karena karyawan jarang melalukan promosi dengan tatap muka atau door to door. Selain itu pihak bank juga perlu mengadakan sosialisasi agar masyarakat lebih cepat tahu. Kendala yang dialami dalam penerapan strategi promosi ini yaitu pengetahuan dan pemahaman masyarakat terkait produk bank dan juga terkait sumber daya manusia. Dampak dari strategi promosi ini memberikan dampak positif bagi nasabah yaitu mempermudah dalam mengetahui produk yang dibutuhkan dan dampak bagi bank mempermudah dalam menjalankan promosi dan memberikan sedikit peningkatan jumlah nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Setya Nugrahini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 May 2023 01:29
Last Modified: 24 May 2023 01:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22853

Actions (login required)

View Item View Item