Efektivitas Pembiayaan Mudharabah Dalam Meningkatkan Produktivitas Usaha Nasabah Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Magetan

Jati, Dian Harja Damar (2023) Efektivitas Pembiayaan Mudharabah Dalam Meningkatkan Produktivitas Usaha Nasabah Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
402190198-DIAN HARJA DAMAR JATI-PS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jati, Dian Harja Damar. Efektivitas Pembiayaan Mudharabah Dalam Meningkatkan Produktivitas Usaha Nasabah Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Magetan. Skripsi 2023. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ratna Yunita, M.A.
Kata Kunci: Efektivitas, pembiayaan mudharabah, dan produktivitas usaha.
Di BPRS Magetan ini pembiayaan mudharabah mutabarok bunda sejahtera sangat diminati oleh masyarakat, karena dapat membantu perekonomian masyarakat yang mengalami kekurangan modal, selain itu persyaratan pembiayaan cukup mudah dan tidak rumit. Salah satunya yang menjadi keunggulan pada pembiayaan ini yaitu tanpa jaminan, namun di samping itu adanya nasabah yang menyalahgunakan dana pembiayaan usaha karena digunakan untuk kepentingan lain yang termasuk melanggar aturan bank syariah sehingga menimbulkan produktivitas usaha tidak meningkat dan nasabah tidak lancar dalam mengangsur pembiayaan atau disebut pembiayaan kurang efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembiayaan mudharabah dalam meningkatkan produktivitas usaha nasabah pada BPRS Magetan, menganalisis faktor yang memengaruhi perilaku nasabah dalam mengelola pembiayaan dan menganalisis efektivitas pembiayaan mudharabah. Peneliti di sini menggunakan field research dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan metode induktif. Untuk pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini beralamat di Jl.Yos Sudarso No 52, Sukowinangun, Kec. Magetan, Kab. Jawa Timur 63319.
Dari penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa hasil penelitian yaitu pelaksanaan pembiayaan mudharabah di BPRS Magetan sudah sesuai dengan rukun dan syarat pada Fatwa DSN Syariah, namun pelaksanaan dari nasabah terdapat nasabah yang menggunakan dana pembiayaan bukan untuk usaha tetapi sebagian untuk kepentingan lain, seperti membayar tagihan anak sekolah, kebutuhan di rumah, membayar hutang dan membiayai saudara yang sakit. Kemudian yang mempengaruhi perilaku nasabah dalam mengelola pembiayaan mudharabah ini ada tiga faktor yaitu faktor sosial, faktor ekonomi dan faktor psikologis. Dalam permasalahan tersebut diketahui pembiayaan pada BPRS Magetan dalam meningkatkan produktivitas usaha nasabah masih kurang efektif, karena nasabah terbukti tidak mengalami peningkatan produktivitas usaha dan angsurannya tidak lancar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ratna Yunita
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 May 2023 01:28
Last Modified: 24 May 2023 01:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22852

Actions (login required)

View Item View Item