Manajemen Humas dalam Meningkatkan Minat Calon Peserta Didik Baru (Studi Kasus di MI Al-Amin Dempelan Madiun

Resti, Alifia Citra (2023) Manajemen Humas dalam Meningkatkan Minat Calon Peserta Didik Baru (Studi Kasus di MI Al-Amin Dempelan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190002_ALIFIA CITRA RESTI_ MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Resti, Alifia Citra. 2023. Manajemen Humas dalam Meningkatkan Minat Calon Peserta Didik Baru (Studi Kasus di MI Al-Amin Dempelan Madiun). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Wilis Werdiningsih, M.Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen, Humas, Minat Calon Peserta Didik Baru
Banyaknya jumlah Madrasah Ibtidaiyah yang ada di Indonesia saat ini muncul beberapa persoalan pelaksanaan pendidikan, bahwa suatu pendidikan yang tutup dan tidak meneruskan program-program pendidikannya, karena tidak dapat dukungan dari masyarakat sekitarnya. Adanya hubungan yang baik dan kerja sama dari masyarakat dengan pihak lembaga sekolah diharapkan nantinya dapat meningkatkan minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya pada lembaga pendidikan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Perencanaan humas dalam meningkatkan minat calon peserta didik baru; (2) Pelaksanaan humas dalam meningkatkan minat calon peserta didik baru; (3) Evaluasi humas dalam meningkatkan minat calon peserta didik baru.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan bentuk desain naturalistik berjenis studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Perencanaan humas dalam meningkatkan minat calon peserta didik baru; a) promosi di luar PPDB yaitu drumband keliling dan memposting kegiatan yang ada pada madrasah, b) promosi pada saat PPDB yaitu menyusun kepanitiaan, pemetaan target, pemasangan banner, penyebaran brosur, perayaan milad, sosialisasi, penyusunan anggaran dana, (2) Pelaksanaan humas dalam meningkatkan minat calon peserta didik baru; a) promosi di luar PPDB yaitu penampilan drumband keliling dua minggu sekali dan memposting kegiatan yang ada di madrasah pada whatshapp instagram dengan dua postingan dalam seminggu (intensif), b) promosi pada saat PPDB meliputi pemasangan banner di jalan raya, depan madrasah dan pasar mbarak, penyebaran brosur melalui whatshapp, instagram dan saat sosialisasi, perayaan milad tanggal 19 Februari dengan berbagai perlombaan untuk anak TK/RA, melakukan sosialisasi ke TK/RA di desa dempelan hingga lintas desa, (3) Evaluasi humas dalam meningkatkan minat calon peserta didik baru menggunakan dua metode yaitu observasi untuk promosi di luar PPDB dan pol pendapat untuk promosi pada saat PPDB; a) promosi di luar PPDB meliputi kegiatan drumband keliling dievaluasi melalui face to face dan memposting kegiatan yang ada pada madrasah dievaluasi melalui rapat setiap hari secara kontinu, b) promosi pada saat PPDB dievaluasi melalui rapat bersama. Ketercapaian tujuan dalam hal meningkatkan minat calon peserta didik baru dapat dilihat dari jumlah siswa yang terus meningkat setiap tahunnya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 May 2023 07:57
Last Modified: 23 May 2023 07:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22850

Actions (login required)

View Item View Item